Inspektorat Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) menggelar Rapat Pemutakhiran Data Tindak Lanjuti Hasil Pemeriksaan ( TLHP ) Aparat Pengawasan Intern Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2022, yang berlangsung   di Baileo Ir. Soekarno Pendopo Bupati, Sabtu (3/12).

Kegiatan tersebut  dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah Rakib. Sahubawa, dan dihadiri oleh Para Pimpinan OPD, undangan dan peserta rapat.

Penjabat Bupati Maluku Tengah Mohammat Marasabessy dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Daerah, bahwa Pemerintah Daerah  sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini sebagai wujud komitmen bersama untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan atas hasil pengawasan yang dilakukan eksternal dan internal auditor untuk mewujudkan good and clean governance serta meningkatkan kualitas pembangunan di Kabupaten Maluku Tengah.

“Forum Pemutakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah adalah forum yang sangat strategis dan penting untuk dilakukan setiap tahunnya dalam rangka koordinasi, komunikasi dan evaluasi implementasi pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan aparat pengawasan pemerintah guna memastikan penyelesaian berbagai tindak lanjut dan rekomendasi hasil pemeriksaan,” ujarnya.

Dirinya sangat mengharapkan  melalui kegiatan ini dapat dilakukan pembinaan bagi seluruh perangkat daerah supaya lebih mengerti, memahami dan menghayati akan pentingnya pengawasan terhadap suatu kegiatan di lingkungan pemerintahan.

Baca Juga: Penjabat Bupati Kunker ke Yainuelo

Sebelum mengakhiri sambutannya Penjabat Bupati pun berharap agar kedepan  koordinasi antara eksternal dan internal auditor di Kabupaten Maluku Tengah dapat terus terjalin dengan baik dan terus bahu membahu dalam mendorong perbaikan sistem pengendalian intern dan tata kelola pemerintahan melalui pengawasan eksternal dan internal yang saling bersinergi, agar temuan tidak selalu ber­-ulang setiap tahun dan kepada Inspektorat sebagai mitra agar dalam mengawal penyelengga­raan pemerintahan yang amanah dapat lebih ditingkatkan sehingga dapat mendatangkan manfaat bagi masyarakat di Kabupaten Maluku Tengah.

Penyelenggara Kegiatan Rapat Pemutakhiran Data pun sangat mengharapkan perhatian Penajabt Bupati Maluku Tengah agar nantinya dapat meluncurkan penggunaan Sistem Informasi Manajemen Tindak Lanjuti Hasil Pemeriksaan (Sinole). Karena sistem ini merupakan aplikasi berbasis Web yang akan membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses kerja Inspektorat Kabupaten Maluku Tengah dalam mengelola dan mendokumentasikan aktivitas pengawasan intern dan proses tindak lanjutannya demikian yang dikatakan oleh penanggungjawab kegiatan dalam laporan yang dibacakan.

Acara pembukaan Rapat Pemutakhiran Data TLHP Aparat Pengawasan Intern Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2022 ditutup dengan MeLounching Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Tindak Lanjuti Hasil Pemeriksaan (SINOLE) oleh Sekda Maluku Tengah. (S-17)