AMBON, Siwalimanews – Dprd Kota Ambon menggelar Rapat Parpurna dalam rangka HUT Kota Ambon ke-448. Parpurna yang dipimpin Ketua DPRD Elly Toisuta didampingi Gerald Mailoa dan Rustam Latupono selaku Wakil ketua berlangsung di ruang peripurna DPRD, Selasa (6/9).

Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena dalam pidatonya mengatakan, berbagai capaian dan penghargaan telah diperoleh Kota Ambon dalam dua tahun belakangan, seperti penghargaan Proklim Utama tahun 2022 dari Kementerian LHK, penghargaan terbaik III kategori kota anggota jaringan dokumentasi dan informasi hukum nasional (JDIHN) tahun 2022, peringkat II penilaian kinerja 8 aksi konvergensi penurunan stunting terintegrasi, peringkat II penyerapan Dana Desa se-Provinsi Maluku.

Selanjutnya, penghargaan API Award tahun 2022 atas keberhasilan Negeri Rutong mendapat Juara 1 dalam kategori kampung adat, Kota Ambon juga menerima piagam hak kekayaan komunal untuk tari tali Rutong dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

Selain itu, Kota Ambon juga menduduki posisi ke-2 terbaik secara nasional dalam merealisasikan salah satu program nasional yaitu, satu rekening satu pelajar (KEJAR) dan Kota Ambon juga menjuarai peringkat 1 percepatan penurunan stunting tingkat Provinsi Maluku tahun 2022.

“Kota Ambon juga raih penghargaan kota layak anak predikat pratama dan penghargaan pelayanan berbasis HAM oleh Kemenkum HAM, serta penghargaan Kemenpan-RB, 30 peserta terbaik kategori instansi pemerintah, umum, kompetisi pengelolaan pengaduan pelayanan publik dan juara umum III Pesparani tingkat provinsi tahun 2022 pada 29 September 2022 di Tual,” urai walikota.

Baca Juga: Pemkab MBD Bangun Jalan Lingkungan di Mesiapi

Sementara untuk POPMAL IV tahun 2022 kata walikota, Kota Ambon juga keluar sebagai juara umum dan juara II lomba desa tingkat Provinsi Maluku, juga juara II lomba kelurahan tingkat Provinsi Maluku (Desa Hunuth dan Kelurahan Honipopu).

Tidak hanya itu, Kota Ambon juga memperoleh penghargaan gugus tugas gerakan nasional revolusi mental oleh Kemendagri dan penghargaan GARNAS Buana oleh Kemendagri. Ditambah penghargaan oleh Disdukcapil, Dinas Pendidikan dan Dinas Sosial yang meraih predikat kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2022 dari Ombudsman.

“Selain itu, penghargaan Maluku Innovation (MI) Award 2023 kategori inovasi daerah terbaik dan penghargaan terkait zona hijau kepatuhan standar pelayanan publik (3 OPD) oleh Ombudsman Maluku, ada pula Ambon masuk dalam 75 besar  ADWI 2023 dari Kemenparekraf ditambah penghargaan Kota layak anak tingkat madya tahun 2023 dari  Menteri PPPA RI,” rinci walikota.

Bukan hanya itu, Kota Ambon juga memperoleh penghargaan terbaik I pengelola program pembangunan keluarga, kependudukan dan KB serta percepatan penurunan stunting dari BKKBN Maluku, juga Paritrana Award 2023 tingkat Provinsi Maluku, dan SIWO Golden Award dari PWI pada 28 Agustus di Kalimatan Selatan, serta sejumlah penghargaan lainnya.

Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta pada kesmepatan itu, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak pada momen HUT Kota Ambon ke-448.

“Semua pihak telah bersama-sama saling membangun suasana kota yang kondusif, sehingga tahapan pembangunan di kota ini bisa terus berjalan dengan baik. Peringatan ini menjadi cara dalam mensyukuri nikmat dari Allah SWT dalam berkarya dan melayani masyarakat,” ucap Toisuta.

Menurut Toisuta, sesuai tema dari HUT kali ini Ambon Par Samua, yang mengandung kalimat singkat, namun tetap bermakna mendalam. Sehingga melalui HUT tahun ini sebagai sarana introspeksi bagi semua untuk mengatasi segala persoalan di kota ini.(S-25)