AMBON, Siwalimanews – Dipastikan hari ini, Kamis (1/9) Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan melakukan kunju­ngan kerja ke Kota Saumlaki, Ka­bupaten Kepulauan Tanimbar.

Presiden bersama Ibu negera dan rombongan dijadwal tiba di Bandara Mathilda Batlayari, Kota Saumlaki sekitar pukul 17.30 WIT, setelah pesawat ATR 72500 yang ditumpangi Presiden bertolak dari Bandara Timika pukul 15:10 WIT.

Tiba di Bandara Mathilda Batla­yeri, Presiden dan ibu beserta rombongan bertolak menuju vila Bukit Indah untuk berisitirahat, keesokan harinya, Jumat (2/9) pagi, Presiden dan ibu beserta rombongan menuju Pasar Olilit, sekaligus melakukan penyerahan bingkisan.

Usai penyerahan bingkisan, Presi­den dan rombongam meninggalkan Pasar Olilit menuju kawasan MTQ  Saum­laki, sekaligus melakukan pe­ninjauan lokasi tersebut, yang kini dijadikan sebagai salah satu lokasi wisata religi di kota itu.

Usai lakukan peninjauan, sekitar pukul 09.50 WIT, Presiden beserta rom­bongan kemudian menuju ka­wasan optimalisasi SPAM Wonmo­re­lin, sekaligus melakukan peninjau­an. Usai dari lokasi SPAM Won­morelin, Presiden dan ibu menuju kawasan rumah susun ASN Pemkab Kepulauan Tanimbar.

Baca Juga: Maskapai Klaim, Bandara Dobo tak Layak

Nantinya pada pukul 11.40 WIT, Presiden dan ibu beserta rombo­ngan menuju Masjid Baiturahman Saumlaki untuk menunaikan Sholat Jumat pada pukul 12.15 WIT. Usai Sholat Jumat, Presiden beserta rombongan kemudian menuju rumah makan tiga koki untuk makan siang dan beristiraht sejenak.

Setelah itu, tepat pukul 14.30 WIT, Presiden dan ibu beserta rombo­ngan menuju ke Bandara Mathilda Batlayeri Saumlaki dilanjutkan de­ngan boarding ke pesawat. Tepat pukul 15.10 WIT Presiden bersama ibu serta rombongan take Off dari Bandara  Mathilda Batlayeri Saum­laki menuju Bandara Pattimura Ambon dengan menggunakan Pesawat ATR 72500.

Presiden dan rombongan diren­canakan tiba di Bandara Pattimura Ambon sekitar pukul Pkl 17.00 WIT, hanya untuk transit beberapa menit. Tepat Pukul 17.20 WIT, Presiden beserta rombongan kemudian take Off menuju Bandara Radin Inten II Kabupaten Lampung Selatan.

2.576 Personil Amankan

Sebanyak 2.576 personil TNI dan Polri siap mengamankan kunjungan Presiden Joko Widodo bersama ibu negara dan rombangan  yang akan elakukan kunjungan kerja di Kota Samlaki

Demikian diungkapkan Brigjen Muhamad Muchidin, yang bertindak selaku Komandan Satuan Tugas Pengamanan Wilayah dalam apel gelar pasukan yang dipimpin Gubernur Maluku, Murad Ismail, Rabu (31/8).

Apel pasukan tersebut bertujuan untuk mengecek kesiapan operasio­nal, baik personel maupun materiil, dengan harapan saat pelaksanaan nanti dapat berjalan dengan lancar.

“Sebanyak 2.576 pasukan yang terlibat berasal dari TNI, Polri juga dari pemda. Untuk lokasinya, di KKT dan di Kota Ambon. Kita bagi ka­rena direncanakan akan ada bebe­rapa sasaran kunjungan,” jelasnya.

Sementara itu, gubernur juga meminta, dukungan seluruh pihak agar kunjungan pre­siden dapat berjalan dengan lancar.

“Hari ini apel kesiapan pasukan sudah jelas, kami mohon bantuan, mohon doanya agar kunker Pak Presiden ini tidak ada permasalahan apapun, tidak ada hambatan,” harapnya.

Sementara itu, Pangdam XVI Pattimura, Mayjen Ruruh A Setyawibawa meminta agar semua pihak yang terlibat dalam pelaksa­naan tugas di lapangan dapat men­jaga kekompakan dan soliditas, menjalin komunikasi yang baik dengan unsur terkait sesama aparat keamanan lainnya secara harmonis dan terpadu.

Mantan Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN ini juga minta agar, dalam melaksanakan tugas secara bijak serta hilangkan keraguan yang dapat mengakibatkan kegagalan.

PAM Siap

Sementara itu, Kapolda Maluku, Irjen Lotharia Latif menegaskan, seluruh personel yang terlibat, siap mengamankan kedatangan Presiden Joko Widodo di Kota Saumlaki.

Kapolda menghimbau masyarakat untuk suka cita bersama menyambut kedatangan presiden di bumi Duan Lolat tersebut.

“Mari kita sambut Pak Presiden Jokowi dengan sukacita. Kita tunjukkan keramah tamahan rakyat Maluku sebagai tuan rumah kepada bapak Presiden dan rombongan yang akan mengunjungi Kota Saumlaki,” pinta Kapolda.

Kunjungan Presiden kata Kapolda, harus menjadi momen yang sangat membanggakan bagi rakyat Maluku terutama rakyat KKT.

“Kunjungan bapak Presiden harus kita syukuri, dan semoga membawa berkah, manfaat bagi masyarakat dan pembangunan di Maluku umumnya dan KKT khususnya,” ungkap Kapolda.

Kapolda menegaskan, TNI dan Polri telah siap mengamankan semua rangkaian kegiatan Presiden Jokowi beserta rombongan di Kota Saumlaki.

“Kami TNI dan Polri bersama Pemprov Maluku dan Pemkab Kepulauan Tanimbar beserta semua tokoh masyarakat, siap mengamankan semua rangkaian kegiatan kunjungan kerja bapak Presiden Jokowi dan rombongan di Kota Saumlaki,” ucap Kapolda. (S-10)