AMBON, Siwalimanews – Masih tingginya sejumlah kebutuhan masyarakat di pasar-pasar tradisional di Kota Ambon dan sekitarnya, DPRD Maluku akan memanggil mitra komisi.

Tinggal sebulan lagi perayaan Natal dan kemudian Tahun Baru, namun harga beras premium sudah menyentuh angka 16.000/kg, sedangkan beras Bulog menyentuh angka Rp11.000/kg.

Belum lagi bahan kebutuhan lainnya seperti cabai, telur, minyak goreng dan lainnya juga diprediksi akan naik jelang perayaan dua hari besar tersebut.

“Kita akan undang mitra komisi untuk membahas harga kebutuhan jelang Natal dan Tahun Baru dengan Bulog, TPID dan Dinas Perindag,” kata Ketua Komisi II DPRD Maluku Jhon Lewerissa, kepada Siwalima, lewat via telepon selulernya, Selasa (14/11).

Menurutnya untuk memastikan stok kebutuhan dan harga itu sendiri harus dijelaskan oleh mitra itu sendiri.

Baca Juga: Kemendagri Minta Pemkot Bentuk BLUD Kelola Pajak

“Belum ada kepastian (harga) sampai rapat bersama mitra-mitra terkait,” jelasnya

Namun lanjutnya ada informasi berkaitan dengan kelangkaan beras di daerah Pulau Sumatera dan Sulawessi yang terjadi akibat El Nino sehingga produksi padi berkurang akibat kekeringan yang panjang.

Namun masalah tersebut untuk Provinsi Maluku apakah adanya kelangkaan beras atau tidak. “Nanti akan di tanyakan di rapat bersama mitra nanti khususnya beras”, ungkapnya.

Tidak hanya terkait dengan harga kebutuhan, DPRD juga akan membahas terkait dengan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) bersama Pertamina.

Selain itu juga Komisi II akan membahas terkait dengan listrik bersama dengan PLN wilayah Maluku dan Maluku Utara.

“Soal listrik dan ketersediaan stok BBM juga akan kita pertanyakan ke PLN dan Pertamina,” tandasnya.

Stok Sembako Aman

Sementara itu di Kabupaten Maluku Barat Daya dipastikan stok kebutuhan masyarakat masih aman jelang Natal dan Tahun Baru.

“Kita prediksi stok sembako aman dan masih akan tetap bertahan sampai dua bulan kedepan,” kata kabid Perdagangan, Disperindag, Koperasi dan UMKM MBD William Renjaan, kepada Siwalima, Selasa (14/11).

Ketersediaan stok, lanjutnya karena pergerakan barang dari Surabaya langsung ke MBD melalui Tol Laut berjalan dengan lancar.

Dirinya mengharapkan ketersediaan stok bahan pokok tercukupi sampai dengan hari raya dan diprediksi tidak ada gejolak harga.

“Hasil pemantauan dinas di lapangan juga harga masih terjangkau dan daya beli masyarakat juga masih tinggi,” ujarnya.

Sekedar diketahui, untuk beras ketahanan 2 bulan, Gula Pasir, Minyak Goreng, Margarine (250 gr), Telur Ayam, Terigu, Susu, Bawang Putih, Bawang Merah, Garam, dan Jagung halus ketahanan 1 bulan, sedangkan daging Ayam Broiler bertahan sampai 5 bulan kedepan. (Mg-4/S-28)