DOBO, Siwalimanews –  Hampir seminggu, puluhan pengungsi akibat bencana puting beliung di kawasan Dok, Kelurahan Galay Dubu, Kecamatan Pulau-Pulau Aru, Kabupaten Kepulauan Aru, baru menerima bantuan dari pemerintah.

Bantuan diserahkan oleh Bupati Johan Gonga di lantai dua kantor Bupati Aru, Senin (27/6) kepada 27 kepala keluarga korban bencana angin puting beliung itu berupa 3 karton mie instan, 12 kaleng ikan sarden, 3 rak telur ayam, 3 kg gula pasir dan masing-masinh Kk menerima 4 dos daun teh.

Bantuan lain yang diberikan berupa beras 500 gram, ayam bala­do 1 kemasan, gulai ikan 1 kemasan, rendang daging 1 kemasan dan ayam asam manis 1 kemasan.

Bupati Johan Gonga mengaku ragu-ragu untuk memberikan bantuan perbaikan rumah rusak pasca bencana puting beliung.

“Rumah di tersebut di atas laut dan tidak memiliki sertifikat, sehingga ditakutkan berbenturan dengan regulasi yang ada,” kata bupati kepada wartawan usai memberikan bantuan kepada korban.

Baca Juga: Tim Verifikasi Data Veteran di Maluku

Dikatakan, pihaknya akan melihat regulasi terkait perbaikan rumah pasca bencana puting beliung pekan kemarin, sehingga kedepan­nya tida terjadi masalah, karena ini rumah di atas laut.

Memang dana tanggap darurat itu ada, namun penggunaannya harus sesuai dengan regulasi.

“Saya sudah sampaikan kepada Kalaksa BPBD Aru, Berthy Imuly untuk segera koordinasi dengan instansi terkait guna menghitung perbaikan perumahan tersebut, namun harus melihat regulasi,” ujarnya.

Intinya, Pemkab Aru lanjut dia, akan mengupayakan semaksimal mungkin untuk membantu masyarakat korban pasca bencana puting beliung di kawasan dok kelurahan Galay Dubu kecamatan PP Aru. (S-11)