AMBON, Siwalimanews – Calon Presiden nomor 3, Ganjar Pranowo berjanji akan melayani masyarakat dengan akses pela­yanan yang mudah, menciptakan lapangan kerja yang baik serta menurunkan harga barang yang masih mahal

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini juga memastikan pemerintahan yang bersih dari ko­rupsi, kolusi dan ne­potisme.

Tiga hal penting ini disampaikan Capres Ganjar Pranowo ke­pada ri­buan pendu­kung yang sudah me­nunggu selama 8 jam di Lapa­ngan Merdeka Ambon, Senin (29/1) jika dipercayakan rakyat Indonesia, termasuk Maluku menjadi Presi­den Indonesia lima tahun kedepan pada Pemilu 14 Februari 2024 menda­tang,

“Ganjar-Mahfud saat ini sedang menjalani panggilan sejarah, dan itu akan terwujud dengan duku­ngan masyarakat. Dengan tiga hal jadi visi kami jika dipercaya memimpin Indonesia kedepan, yaitu menciptakan lapangan kerja yang jauh lebih baik, harga beras turun dan pemerintahan yang bersih, melayani, mudah diakses dan bebas KKN,”ujar Ganjar dalam kampanye akbar.

Tidak hanya itu, Capres nomor 3 yang diusung PDI Perjuangan, PPP, Hanura dan Perindo juga menjanjikan membiayai pendidi­kan sarjana satu anak dari satu keluarga miskin juga menjadi visi­nya. Dengan tujuan dan harapan, satu anak dalam keluarga itu yang akan memperkuat masing-masing keluarganya untuk bisa keluar dari kemiskinan. Serta memastikan hutang petani dan nelayan tuntas dilunasi dan bisa mengakses produksi.

Baca Juga: Rerung: RSUD Haulussy Kekurangan Obat

“Saya bangga terhadap masya­rakat di kota ini dan Maluku yang rela berpanas-panasan menunggu kurang lebih 8 jam. Saya tahu dan yakin sungguh, pendukung Ganjar-Mahfud militan, tidak takut panas dan tidak takut intimidasi,” serunya dibawah teriknya matahari sore tadi.

Harapan Warga

Saat kampanye berlangsung, warga Kota Ambon-Maluku melalui mantan Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu menyampaikan harapan.

Harapan itu dituliskan Ralahalu tepat dibelakang kemeja yang di­kenakan Ganjar.

Adapun harrapan itu, yaitu (1) Mencabut moratorium pemekaran di Maluku, (2) menjaga demokrasi, (3) menurunkan angka kemiskinan dan (4) membuka lapangan peker­jaan seluas-luasnya, terutama bagi anak muda di Maluku.

“Karena anak muda Maluku, butuh lapangan kerja,”ucap Rala­halu

Sementara itu, salah satu warga Ambon dari komunitas disabilitas bernama Deva juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan harapannya yang juga dituliskan dibagian belakang kemeja yang dikenakan Ganjar, terkait adanya akses pelayanan ramah bagi kaum disabilitas.

Dari pantauan Siwalima, dalam kampanye itu Ganjar Pranowo juga terlihat berdialog langsung dengan warga yang notabennya adalah emak-emak, yang ada di depan panggung.

Ganjar bahkan menyalami para pendukungnya yang sudah setia 8 jam menanti kedatangannya di Lapangan Merdeka Ambon.

Minta Ganjar Perhatikan Maluku

Calon Presiden Ganjar Pranowo diminta untuk memperhatikan Maluku jika terpilih sebagai presiden RI selanjutnya.

Permintaan ini diungkapkan langsung, Ketua Tim Pemenangan Daerah Pasangan Ganjar-Mahfud, Benhur George Watubun saat menyampaikan orasi politik pada kampanye terbuka dilapangan merdeka, Ambon, Senin (29/1)

Dihadapan ribuan masa pendu­kung  Ganjar-Mahfud, Watubun mengeluh begitu banyak masalah yang masih terjadi di Maluku yang sampai saat ini belum berhasil diselesaikan.

“Maluku ini provinsi yang me­miliki peran penting bagi kemer­de­kaan Indonesia tapi sampai saat ini Maluku belum mendapatkan perhatian dari Pemerintah Pusat,” kesal Watubun.

Salah satu persoalan yang harus mendapatkan perhatian serius yakni tingkat kemiskinan Maluku yang masih sangat tinggi ditambah dengan keterbatasan lapangan pekerjaan yang menyumbang pengangguran terbuka di Maluku.

Selain itu, masalah pemekaran daerah otonom baru juga menjadi tuntutan guna mempercepat pembangunan di Maluku.

“Maluku ini daerah kepulauan yang membutuhkan pemerataan pembangunan, maka salah satu solusinya adalah pemekaran daerah otonom baru dan itu harus dilakukan,” ujar Watubun

Menurutnya, Capres Ganjar Pranowo merupakan sosok yang memiliki kemampuan dan kualitas mumpuni dan layak untuk memimpin Indonesia kedepan.

Watubun menegaskan, ditangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, Maluku harus maju dari semua ketertinggalan yang terjadi selama ini.

“Dibawah kepemimpinan Ganjar-Mahfud jika dipercayakan seluruh rakyat Indonesia menjadi presiden maka lihatlah masya­rakat yang masih dibawah angka kemiskinan, pengangguran, pemerataan pembangunan dan pemekaran daerah otonom baru,” tutupnya. (S-20)