AMBON, Siwalimanews – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Kelas II Pattimura Ambon menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi cuaca ekstrim yang terjadi di Wilayah Maluku.

Kepala BMKG stasiun Meterorologi Kelas II Pattimura, Kamari mengungkapkan, empat wilayah di Provinsi Maluku berpotensi hujan sedang hingga lebat yaitu, Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat dan Kabupaten Buru.

“Sementara pada 13 April 2022 hujan sedang dan lebat terjadi di Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur dan Kabupaten Kepulauan Aru,” katanya.

Ia juga menyebutkan, hujan sedang hingga lebat juga akan terjadi di Kota Ambon pada 14 April. Karena dirinya menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrim tersebut.

Kepada wartawan di Ambon, Selasa (12/4) Kamari menjelaskan, berdasarkan analisa lapisan atas adanya daerah belokan angin di wilayah Maluku yang terbentuk, akibat adanya daerah tekanan rendah di timur laut Filipina wilayah Maluku terpantau masih cukup hangat khususnya di sekitar perairan Tanimbar dan Laut Arafuru.

Baca Juga: BEM Se-Kota Ambon Seruduk Kantor Gubernur Maluku

Selain itu, kelembaban udara lapisan 850-700mb yang cenderung basah(60-90%) mengindikasikan masih adanya peluang pertumbuhan awan hujan di wilayah Maluku, khususnya bagian selatan Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya

Kamari menjelaskan, waspada hujan dengan intensitas sedang lebat hingga sangat lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang sesaat pada 12 April 2022 akan terjadi pada Kabupaten Kepulauan Aru ,Kabupaten Kepulauan Tanimbar ,Kabupaten Maluku Barat Daya,

Dirinya juga menghimbau masyarakat, untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca buruk (hujan lebat-sangat lebat yang dapat disertai kilat/pctir, angin kencang), penurunan jarak pandang secara tiba-tiba serta dampak bencana hidrometcorologi yang dapat terjadi seperti banjir, tanah longsor, genangan air dan pohon tumbang

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk selalu memantau perkembangan informasi prakiraan cuaca dan peringatan dini cuaca eksirem dan BMKG melalui kanal informasi BMKG..(S-21)