AMBON, Siwalimanews – Pohon beringin raksasa yagterletak di bahu Jalan Wolter Monginsidi, Kelurahan Lateri, Kota Ambon, tepatnya Depan Bakso Batik dan Optik Maluku, Kecamatan Baguala Kota Ambon tumbang.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tumbangnya pohon yang diperkirakan berusia ratusan tahun tersebut. Namun setidaknya dua rumah warga ikut tertimpa bangkai pohon tersebut. Dua rumah warga yang mengalami kerusakan masing-masing milik Keluarga Jordan Kubela dan Roy Lappy.

“Ada dua rumah yang mengalami kerusakan dari insiden ini, yakni rumah milik Jordan Kubela yang mengalami kerusakan pada bagian samping dan rumah milik Roy Lappy yang mengalami kerusakan pada bagian depan rumah,” jelas Kapolsek Baguala AKP Meyty Jacobus kepada wartawan di lokasi kejadian, Senin (6/3).

Kapolsek mengungkapkan, penyebab robohnya pohon besar tersebut diakibatkan angin kencang, ditambah usia pohon yang membuat akar pohon mulai rapuh.

“Pohon tumbang tersebut di duga sudah berumur tua sehingga menyebabkan sebagian akar dan batang pohon tersebut mengalami pelapukan sehingga rentan patah apabila di terpa angin yang kencang,” ungkap kapolsek.

Baca Juga: SK Bupati SBB Tentang Pelantikan Kades Latu Bakal Digugat

Sampai saat ini akses jalan dikawasan tersebut masih lumpuh total. Tim SAR gabungan yang melibatkan Personel Polsek Baguala, Personel Direktorat Pol Air, dan personel Damkar dan Unit SAR BPBD  sementara bahu membahu melakukan pembersihan terhadap ranting-ranting pohon yang menutupi badan jalan utama.

“Kita mengarahkan pengendara untuk melalui jalur Jembatan Merah Putih, sementara tim gabungan sedang melakukan pembersihan jalur agar ruas jalan ini dapat digunakan kembali,” ucap kapolsek.(S-10)