AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Maluku Rovik Akbar Afifuddin memastikan, pihaknya akan terus memperjuangkan AM Sangadji sebagai pahlawan nasional.

Penegasan ini disampaikan Afifuddin kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Kamis (10/11) bertepatan dengan perayaan hari pahlawan nasional.

Dijelaskan, untuk menjadikan AM Sangadji sebagai pahlawan nasional dari Maluku, Komisi IV telah melakukan berbagai upaya, sebagai bentuk dukungan politik kepada tokoh yang pernah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia, maka ini harus menjadi komitmen bersama dengan pemkab.

Sejauh ini, kendala yang dialami dalam proses pengusulan AM Sangadji sebagai pahlawan nasional,  kata Afifudin, hanya berkaitan dengan seminar nasional yang wajib dilakukan, guna memenuhi persyaratan pengusulan ke pemerintah pusat.

“Saya akui bahwa untuk selenggarakan seminar nasional membutuhkan anggaran dengan jumlah yang cukup besar dan anggarannya memang belum tersedia di APBD murni kemarin,” ujarnya.

Baca Juga: Pemkot Batal Bangun Rusun di Ongkoliong

Menurutnya, salah satu upaya untuk mendapatkan pembiayaan seminar nasional yang akan ditempuh DPRD yakni memasukannya dalam kedalam APBD agar diakhir tahun ini akan dilaksanakan seminar nasional.

Tahapan selanjutnya setelah seminar nasional barulah dilakukan pengusulan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial sehingga diharapkan pada tahun depan dalam momentum hari pahlawan, AM Sangadji sudah ditetapkan menjadi pahlawan nasional asal Maluku.

“Dari tahun lalu Abdul Muthalib Sangadji sudah diusulkan menjadi pahlawan nasional, jadi setelah semua tahapannya selesai, langsung diserahkan ke pemerintah pusat untuk dipelajari dan semoga bisa ditetapkan sebagai pahlawan nasional,” harap politisi PPP Maluku ini.(S-20)