Hari ini, 25 Oktober 2022 Harian Pagi Siwalima berusia 23 tahun. Usia se­makin dewasa dan boleh dibilang matang bagi perjalanan sebuah media massa. Tak mudah untuk dicapai. Berikut apa Kata Mereka terhadap karya dan perjalanan Siwalima kede­pan. Semua yang disampaikan men­jadi motivasi bagi kami agar lebih giat dan semangat untuk terus berkarya dan berbenah

Kapolda Maluku: Irjen Drs Lotharia Latif

Selamat HUT Siwalima ke 25, terus­lah berkarya dan memberikan informasi yang akurat dan kritis serta meng­utamakan persatuan dan per­saudaraan di Maluku.

Kajati Maluku: Edyward Kaban

Selamat Ulang Tahun Media Siwa­lima yang ke-23 Semoga selalu menjadi media yang memiliki kualitas dan kompetitif tinggi serta ter­percaya dalam mengutamakan per­satuan dan persaudaraan di Bumi Raja Raja Provinsi Maluku.

Baca Juga: Komitmen untuk Selalu Bersama

Media Siwalima Hebat . . .

Penjabat Walikota Ambon: Bodewin Wattimena

Media ini mitra pemerintah, keha­diran media untuk mengedukasi masyarakat,  memberikan pemaha­man kepada masyarakat, sajian berita yang objektif, berita yang transparan dan dapat juga memacu partisipasi masyarakat. Saya menilai bahwa selama ini siwalima objektif dalam pemberitaan tentang Peme­rintah Kota Ambon, dengan semua pemberitaan tentang Pemkot Ambon, itu dikaji secara baik oleh Siwalima.

Semoga kedepan Siwalima se­makin baik dalam menyajikan berita-berita supaya Kota Ambon juga kondusif.

Wakil Ketua DPRD Maluku: Melkianus Sairdekut

Saya memberikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap pembe­ritaan yang selama ini dilakukan oleh Siwalima sejak 23 tahun silam, dan telah menjadi mitra DPRD dalam menyampaikan setiap informasi.

Sebagai wakil rakyat, kami tetap berharap untuk kekritisan, objektifi­tas, soliditas dari pemberitaan tetap terjadi dan terukur terus dijaga, sehingga tetap bertumbuh menjadi media yang mencerdaskan masya­rakat di Maluku.

Ketua Fraksi Perindo, Amanat Berkarya: Jantje Wenno

Menilai, keberadaan Siwalima se­lama ini telah menjadi bagian penting dalam upaya untuk memajukan Ma­luku dengan setiap pemberitaan yang disampaikan kepada masya­rakat.

Semua kritik yang dilakukan oleh Siwalima selama ini sudah baik dan sangat membantu DPRD dalam melihat kepentingan masyarakat, kita tetap berharap Siwalima tetap berkembang menjadi media yang mengedepankan persaudaraan di Maluku.

Kepala BNNP Maluku: Brigjen Drs Rohmad Nursahid

Semoga di usia baru, Pemberitaan lebih edukatif profesional dan ke­kinia serta berdasarkan fakta. Harapan Siwalima jaya dan maju, Kaitannya juga untuk pemberitaan terkait peredaran gelap Narkoba agar Siwalima bisa jadi garda ter­depan.

Ketua DPRD Buru: Muh Rum Soplestuny

mengucapkan, dirgahayu ke 23 untuk Siwalima. Rum mendoakan Siwalima selalu di hati masyarakat  dan menjadi sumber berita terper­caya di Maluku.

Selamat ulang tahun Siwalima. Selalu jadi koran daerah di Ambon  nomor 1. Makin di hati rakyat, dan tetap menjadi sumber berita terper­caya.

Genap 23 tahun Siwalima  ber­kiprah menjadi media lokal di Ambon, Maluku. Sejumlah harapan di­sematkan agar Siwalima terus semangat berkarya.

Wakil Ketua DPRD Buru: Djalil Mukaddar.

Dirgahayu  ke-23, semoga selalu terdepan dalam menyajikan berita-berita paling aktual, cepat, dan terpercaya. Juga terus menjadi re­ferensi informasi yang inspiratif dan memperkuat optimisme,” ujar politisi PKB yang juga Wakil Ketua DPRD Buru, Djalil Mukaddar.

“Di usia yang telah lewati dua dekade ini, Siwalima  ikut tercatat sebagai salah satu  pelopor media lokal di Ambon, Maluku, semoga pula memanfaatkan momentum isti­mewa ini untuk terus mematangkan diri, terus berkarya, semakin kreatif dan inovatif. Salam semangat dan sukses rekan-rekan Siwalima,.

Sekot Ambon: Agus Ririmasse

Selaku Sekretaris Kota Ambon saya sangat memberikan apresiasi kepada harian Siwalima, kita ber­harap ke depan, harian Siwalima lebih profesional dan menyebarkan berita-berita yang berdampak bagi Pemerintah dan bermanfaat bagi masyarakat. Kita juga berharap kerjasama yang baik sehingga masyarakat juga bisa memahami bahwa Siwalima itu media yang pro rakyat. Di era digital, kecepatan dan akurasi informasi menjadi sebuah tuntutan mutlak.

Sekda Buru: Muh Ilyas Bin Hamid

Media massa memiliki fungsi penting dalam komunikasi massa. Media merupakan penyalur aspirasi dan pendistribusi nilai-nilai yang diwariskan dari satu generasi ke generasi. Media pun merupakan jendela yang memungkinkan kha­layak menyaksikan dan memahami apapun yang terjadi pada ruang dan waktu yang berbeda.

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-23 Siwalima. Semoga terus menjadi sumber referensi terpercaya bagi masyarakat Ambon dan Maluku serta mencerahkan publik menuju yang lebih baik.

Karya jurnalistik yang ceras, objektif dan mengedukasi sangat dirindukan masyarakat di tengah sebaran informasi yang marak de­ngan melupakan objektivitas dan ketepatan.

Perjalanan selama 23 tahun, memberikan keyakinan bahwa Siwalima mampu menghasilkan karya-karya jurnalistik yang cerdas dan mengedukasi. Semoga  Siwalima  dapat terus menginspirasi dan mem­beri warna dalam kehidupan ber­bangsa.

Anggota DPRD Ambon Fraksi PKS: Saidna Azhar Bin Tahir

Dirgahayu Siwalima yang ke-23 Tahun di Tanggal 25 ini, semoga Siwalima semakin sukses dan Siwa­lima jaya selalu. Berkaitan dengan media Siwalima, baik cetak mauoun onlinenya, sejauh ini memang patut diberikan apresiasi sebagai media kerja dari pemerintah dan juga sebagai fungsi kontrol dari masya­rakat, itu kami sangat memberikan apresiasi, karena saat ini, media Siwalima itu kita kenal dengan media yang sangat transformatif dalam menyajikan informasi-informasi ke ruang publik. Yang mana informasi yang selalu disajikan itu adalah informasi yang bersumber dari data yang falid, dan juga menjadi infor­masi yang diminati dan menjadi isu publik dikala ada sebuah persoalan di daerah ini.

Media Siwalima juga kita kenal berani mengkritisi pemerintah dan memberikan edukasi kepada mas­yarakat dalam mengawal proses pembangunan di daerah ini. Dan informasi yang disajikan sangat falid secara akuntabilitasnya dan ini tergambar dari beberapa pembe­ritaan-pemberitaan besar, yang mengkritisi kebijakan kepala daerah, mengkritisi lembaga legislatif, juga mengkritisi dunia usaha dan lainnya.

Artinya Siwalima tidak segan-segan dalam menyampaikan sebuah fakta kebenaran walaupun kebena­ran itu belum menjadi sesuatu yang belum tentu merugikan satu pihak tertentu misalnya.

Tetapi itu adalah fakta yang harus disampaikan. Kasus-kasus besar yang pernah diungkap itu, selalu bersumber dari data yang falid, dan itu terbukti dalam mengawal sebuah proses demokrasi, baik dalam pe­ngawasan terhadap penyalahgu­naan kewena­ngan, itu dapat dibuk­tikan dari sisi hukum.

Itu artinya, Siwalima ber­hasil dalam mengawas sebuah pe­langgaran-pelanggaran yang dila­kukan oleh Kepala Daerah tertentu sehingga bisa sampai diproses secara hukum., dan bisa dibuktikan secara hukum pula.

Ini yang sebenarnya masyarakat menginginkan adanya sebuah trans­formasi yang bisa disamoaikan oleh media. Dan juga saya melihat Siwa­lima ini, tidak bergantung pada sebuah kekuasaan sehingga mereka bisa bersikap independen dalam menyampaikan sebuah fakta informasi.

Akedimisi Teologia UKIM: Prof John Ruhulessin

 Berharap Tetap menjadi korannya masyarakat, dan tetap mengartik­u­lasi peran-peran ril dalam masya­rakat.

Pengacara Senior, Ahli Hukum Pidana Fakultas Hukum UKIM: DR.Adolof Seleky, SH.,MH.

Media ini sudah matang di usia­nya yang ke-23 tahun. Siwalima su­dah sangat profesional menyajikan berbagai isu kepada publik di Maluku bahkan Indonesia.

Siwalima sudah menyatu dengan hati masyarakat Maluku. Dari semua koran di Ambon yang saya baca, Siwalima itu harus pertama. Sebagai seorang lawyer (pengacara), menu­rut saya, Siwalima dalam menulis kasus-kasus hukum terutama mem­bedah kasus tersebut berikut peng­gunaan bahasa-bahasa hukum itu sangat baik. Kualitas penulisan dalam menyajikan kasus-kasus hukum, begitupun penggunaan istilah-istilah hukum sangat ter­struktur dan profesional. Ada catatan kritis harus saya koreksi kepada Siwalima, ketika meminta pendapat hukum dari orang yang katakanlah ahli, harus betul-betul berkompeten dan professional di bidangnya.

Menulis juga harus cek dan ricek. Minimal hindari penulisan kasus hukum menggunakan inisial, Ini soal kepercayaan publik.

Dekan FKIP Unpatti: Profesor DR. Izaak H. Wenno., S,Pd., M.PD

Salut dengan Siwalima. Sebagai koran tertua di Maluku, harusnya kita bangga memiliki media yang kritis dalam memperjuangkan kepen­tingan publik.

Terus jaya di usia 23 tahun dan menjadi media inspiratif, dengan tetap memenuhi ketentuan jurnalistik yakni media yang kredi­bel, kompoten dengan prinsip me­nyampaikan kebenaran, menghindari kecenderungan menghakimi.

Bagi para wartawan Siwalima, menjun­jung tinggi profesionalisme dengan tidak melakukan plagiarisme dan kloning. Membuat produk jurnalis­tik berdasarkan hasil liputan sendiri serta menghargai identitas nara­sumber.

Kadis Kominfo & Persandian Kota Ambon:  Joy Reinier Adriaansz:

Media Siwalima telah membukti­kan diri menjadi media yang kon­sisten memberikan berita aktual, akurat dan positif, serta ikut me­nangkal pemberitaan hoax. Kiranya di Usia yang ke-23, Media Siwalima tetap menjadi media pemersatu bangsa dan menjadi portal media terbesar di Provinsi Maluku.

Petrus Fatlolon SH, MH

Bupati Kepulauan Tanimbar 2017-2022 memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Harian Siwalima yang mana telah ikut serta mem­bantu saya secara pribadi maupun ketika saya menjabat sebagai Bu­pati, banyak hal yang sudah dibuat, dan Siwalima berperan aktif untuk menyampaikan pesan-pesan pemba­ngunan, informasi-informasi pemba­ngunan kepada publik baik itu di Tanimbar maupun di Maluku.

Karena itu saya patut mem­berikan terima kasih dan apresiasi sambil terus mengharapkan agar Siwalima semakin berbenah dan maju menjadi media terdepan, media terpercaya dan menjadi andalan orang Maluku.

Dosen Hukum Unidar: Rauf Pelu, SH

23 tahun media terkemuka di Maluku, dan apresiasi berita-berita aktual, tajam dan terpercaya.

Dosen Fisip Unpatti: Victor Ruhunlela

Siwalima merupakan salah satu media di Maluku yang mampu me­nge­dukasi masyarakat. Media ini juga mampu memberikan fungsi kontrol sosial kepada masyarakat. Media yang selalu menyampaikan pemberitaan yang menakuti bagi eksekutif maupun legislatif dalam melaksanakan kegiatan kegiatan kemasyarakatan.

Dia berharap, ritme yang dilakoni siwalima selama ini tetap diperta­hankan guna memajukan masyarakat Maluku kedepannya.

Sekda SBB: Leverne A Tuasuun

Sebagai mitra kerja, Pemerintah Kabupaten SBB sangat apresiasi apa yang selama ini Siwalima beri­takan.

Kiranya dengan HUT Ke-23 Siwa­lima lebih besar lagi dalam menya­jikan pemberitaan dan fokus terha­dap pembangunan dan perekono­mian di masyarakat, serta bisa me­ngutamakan persatuan dan persau­daraan di bumi raja-raja.

Dengan HUT Siwalima ini lebih eksis lagi dan maju serta jadilah media yang profesional dan akuntabel.

Ketua Komisi III DPRD SBB: Josan Kaisupy

Selamat ulang tahun Siwalima Ke-23, sebagai sumber referensi terper­caya. Siwalima dalam penyampaian dan menempatkan berita kecepatan dan akurasi transformasi informasi untuk para pembaca perlu akurat, dan keseimbangan agar tidak saling kecemburuan.

Semoga di HUT Ke-23 lebih eksis sehingga menjadi koran nomor satu di Maluku. Media merupakan penyalur aspi­rasi, maka itu saya ucapakan Selamat Hari Ulang

Tahun Harian Siwalima ke-23. semoga terus menjadi sumber refe­rensi terpercaya bagi masyarakat Maluku khususnya lagi SBB. Oleh­nya itu saya berharap dalam menyajikan pemeberitaan itu harus akurat dan objektif sehingga menuju Maluku yang lebih baik.

Kabag Humas Pemkab SBB: Tabrani Pelu

Selamat atas HUT Siwalima yang Ke-23 semoga menjadi media nomor satu di Maluku. Siwalima salah satu media di Maluku yang sangat mem­berikan informasi yang akurat, terpercaya dan kredibilitas.

Kiprah Siwalima sangat luar biasa dengan memperingati HUT Siwalima saya memberikan apresiasi kerja jurnalis dalam upaya perbaikan perubahan di Maluku terlebih khususnya SBB.

Kepala Dinas Pendidikan SBB: Johan Tahiyo

Media merupakan penyalur aspi­rasi, maka itu saya ucapakan Selamat Hari Ulang Tahun Harian Siwalima ke-23. semoga terus menjadi sumber refe­rensi terpercaya bagi masyarakat Maluku khususnya lagi SBB. Olehnya itu saya berharap dalam menyajikan pemeberitaan itu harus akurat dan objektif sehingga menuju Maluku yang lebih baik.

Kadis Kesehatan SBB: Yohannes Tappang

Karya Jurnalis yang ditampilkan Siwalima dari tahun-ketahun sudah sangat bagus, objektif, edukasi dan terpercaya. Untuk itu dengan HUT Siwa­lima Ke-23 ini semoga mem­berikan warna tersendiri, apa yang disajikan selama ini perlu diting­katkan demi Maluku lebih baik lagi. Untuk itu saya ucapkan Selamat HUT Siwalima semoga kedepan lebih baik lagi.

Anggota DPRD SBB: Rusli Sosal

Selamat HUT Siwalima yang ke-23. dengan memasuki usia yang ke-23 Siwalima sampai saat ini sudah membuktikan yang terbaik dan tetap eksis, semoga kedepan memberikan informasi yang aktual dan terper­caya dan selalu menyajikan pem­beritaan terutama menyakut pem­bangunan di Maluku, tidak boleh dilupakan terlebih lagi di Bumi Saka Mese Nusa.

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Aru: Seri Angker

Ketua fraksi Gerindra DPRD Aru, Seri Angker mengakui koran Siwa­lima merupakan salah satu koran tepercaya di Maluku.

Siwalima merupakan salah satu koran tepercaya di Maluku dan diharapkan eksistensinya terus diti­ngkatkan guna membuka/mengeks­pos semua  berita atau permasalahan yang terjadi di Maluku

Dia memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Siwa­lima yang selama berperan sangat luar biasa untuk menyuarakan pel­bagai masalah di Maluku.

Diharapkan kedepannya, Siwa­lima semakin eksis lagi dengan berbagai terobosan inovasi baik dari sisi pemberitaan maupun tampilan. Asa terus agar setajam silet untuk mengupas permasalahan yang ter­jadi sebagai corong masyarakat, berintegritas dan independen.

Ir.Jerry Sahertian: Direktur PT, Wainibe Wood Industry

Siwalima masih yang terbaik, semoga diusianya yang ke-23, tetap eksis dan jaya terus. Sebagai koran orang Maluku dan berdiri sendiri, Siwalima sangat profesional. Terus­lah berkarya membangun Maluku tercinta.

Everd Kermite: Mantan Anggota DPRD Maluku

Saya harus ancungkan jempol buat Siwalima sebagai salah satu koran di daerah ini yang selalu melaksanakan fungsi kontrol terhadap berbagai per­soalan pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan di daerah ini se­cara obyektif dan factual, dengan ke­masan bahasa yang mudah dimengerti oleh berbagai lapisan masyarakat.

Saya  ucapkan Selamat Hari Ulang Tahun ke-23. Somoga Siwalima tetap menjadi koran kebanggaan masya­rakat Maluku dan kiranya tetap eksis dalam menjalankan fungsi Pers Pancasila di negeri ini. Hidup Surat Kabar Siwalima,koran kebanggaan masyarakat Maluku bahkan Indonesia.

Praktisi hukum: Rony Samloy

Kehadiran Siwalima hingga di­usia ke-23 tahun telah memberikan edukasi, informasi dan menunjukkan militansi dalam menyuarakan kebe­naran ditengah Medan hukum sosial.

Pertama-tama beta ucapkan sela­mat ulang tahun ke23 untuk Siwa­lima semoga tetap jaya di belantara jurnalistik yang edukatif, informatif dan militan menyuarakan kebenaran dan tegar menyuarakan suara kena­bian di tengah medan gumul sosial dan dimensi kehidupan yang lain.

Dia berharap, diusia yang boleh dikata tidak lagi seumur jagung, Si­walima tetap konsisten dalam pemberitaan-pemberitaan yang lugas, tegas dan berani.

Soleman Layn: Ketua Bidang Organisasi DPD KNPI Maluku

Kita tahu bahwa media Siwalima merupakan sumber berita dan informasi yang terus dan seterusnya akan dicari oleh masyarakat.

Tepat pada Tanggal 25 Oktober 2022, Harian Siwalima memasuki usia ke-23 tahun. Di tengah persaingan media yang begitu masif di era digital saat ini, koran Siwalima selama ini mampu terus mendidik masyarakat dengan mengungkap berita yang Faktual,  jujur dan terpercaya.

Ketua GMKI: Josias Tiven

Siwalima adalah media yang sangat berani dan kritis dalam mem­beritakan, serta mengawal setiap permasalahan di Provinsi Maluku. Dan Menurut saya sangat luar biasa.

Di saat semua suara di bungkam, Siwalima selalu tampil lantang me­nyuarakan kebenaran.

Liputan berita terhadap kasus-kasus itu terbukti dan terpercaya. Menyajikan berita yang sangat detail dan lengkap dan didukung dengan data-data yang falid.

Bukan sekedar meliput saja, tapi benar-benar terpercaya. Ini adalah suatu kebanggaan masyarakat Maluku punya Koran Siwalima yang selalu tampil kritis dalam mengungkapkan kebenaran. (*)