AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Maluku, Ro­vik Akbar Afifuddin meng­ung­kapkan, Dinas Pemuda dan Olahraga telah  meng­usul­kan anggaran pelaksa­naan Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Popmal) tahun 2022 sebesar Rp8,4 miliar.

Dikatakan, komisi akan melakukan pembahasan terlebih dahulu sebelum ditindaklanjuti ke Badan Anggaran DPRD.

“Usulannya 8.4 miliar sudah di­sam­paikan Dispora nanti kita bahas dulu sebelum ke badan anggaran saat pembahasan perubahan sebab kita be­lum juga dapat rancangan pe­rubahan APBD tahun 2022,” ujar Rovik.

Komisi bahkan belum dapat memastikan, apakah usulan tersebut seluruhnya disetujui oleh badan anggaran DPRD, karena harus dilihat peruntukan dan kebutuhan yang menyebabkan permintaan anggaran sebesar itu.

Dikatakan, jika nantinya DPRD hanya menyetujui Rp8 miliar, maka anggaran tersebut harus diarahkan pada program dan kegiatan yang berkaitan langsung dengan pe­nyele­­nggaraan Popmal, dan bukan kegiatan serimonial saja. “Berapa­pun anggaran yang dise­tujui harus benar-benar untuk acara inti, mi­salnya cabor dan bukan untuk sere­monial pembukaan dan penu­tupan karena tidak ada artinya itu,” tegas Rovik.

Baca Juga: Pemuda Hutumuri Diharapkan Bersinergi Dukung Pemerintah

Dia mengingatkan KONI Maluku untuk mempersiapkan perhelatan Popmal secara matang, termasuk aspek keamanan yang akhir-akhir ini menjadi persoalan di dunia olahraga Indonesia, sehingga prestasi olah­raga Maluku dapat berkembang lebih maju. (S-20)