AMBON, Siwalimanews – Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Muhamad Malawat, memastikan kesiapan jajarannya dalam melayani arus mudik lebaran tahun 2022.

“Untuk angkutan mudik lebaran nanti semua telah siap beroperasi sesuai dengan arahan, jadi kita sudah siap,” ungkap Malawat kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Jumat (8/4) usai melakukan pertemuan bersama Komisi II DPRD Provinsi Maluku.

Dijelaskan, untuk kebutuhan arus mudik lebaran mendatang, Dinas Perhubungan telah menyiapkan beberapa armada, baik darat maupun laut guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat yang akan melakukan mudik.

Beberapa angkutan yang disiapkan, seperti angkutan antar kota dalam provinsi yang melayani rute perjalanan Ambon ke Seram dan angkutan Damri yang melayani pada beberapa kabupaten, misalnya di Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Buru.

Selain itu, terdapat juga kapal perintis yang disiapkan oleh PT Pelni dengan total 23 rute pelayaran, termasuk penerbangan perintis dengan total 10 rute serta armada lainya yang disiapkan oleh ASDP maupun PD Panca Karya.

Baca Juga: Mahasiswa Unpatti Protes Kebijakan Pempus 

Kendati Dinas Perhubungan telah menyediakan berbagai armada, namun Malawat meminta agar seluruh calon penumpang mudik, baik yang menggunakan pesawat udara, kapal laut, kendaraan darat, wajib tetap mematuhi aturan pelaku perjalanan yang dikeluarkan Satgas Covid-19.

Malawat juga telah mengingatkan untuk seluruh jajarannya agar tetao tegas terhadap semua ketentuan bagi pelaku perjalanan dalam negeri yang telah diterbitkan pemerintah pusat, sehingga tidak menimbulkan klaster penyebaran Covid-19 lagi. (S-20)