BULA, Siwalimanews – Administrasi kependudukan menjadi sangat penting dan merupakan kebutuhan bagi masyarakat dalam berbagai kegiatan.

Mulai dari pengurusan bantuan sosial, kesehatan, pendidikan, bank dan lain sebagainya tetap menggunakan administrasi kependudukan.

“Saat ini di SBT permintaan pembuatan administrasi kepen­dudukan seperti KTP elektronik, kartu keluarga, akte kelahiran, surat nikah dan sebagainya meningkat pesat,” kata Kadis­dukcapil SBT Sidik Rumalowak kepada Siwalima, kemarin.

Ia mengaku kalau itu pertanya masyarakat mulai sadar akan pentingnya administrasi kependudukan untuk dimiliki.

Pengurusan administrasi saat ini lanjutnya tidak hanya untuk ke­-pentingan Pemilihan Umum saja.

Baca Juga: Pemdes Leku Beli Perahu untuk Nelayan

“Yang jelas kebutuhan pelaya­nan kita, bukan hanya untuk pemilu saja, tapi dokumen kepen­dudukan ini juga kita urus,” tandasnya.

Ia juga mengaku saat ini penggunaan KTP juga tidak untuk kebutuhan pemilu tapi untuk kepentingan lain seperti urusan bansos, kesehatan dan lain sebagainya.

“Tetapi, ini menjadi sebuah urusan wajib yang harus dimiliki oleh setiap warga negara. Pada prinsipnya Dinas Capil selalu terbuka melakukan pelayanan sebagaimana yang sudah kita lakukan di tahun tahun sebelumnya,” jelasnya.

Ketika ditanya terkait dengan warga yang sampai hari ini belum memiliki dokumen kependukan seperti KPT, ia berharap agar warga mendatangi kantor kependudukan untuk mendapatakan pelayanan.

“Kami mengajak masyarakat berpartisipasi bagi yang belum ada dokumen kependudukan dalam hal ini KTP,  maupun yang lain wajib harus diurus,” harapnya.

Ketika ditanya lagi soal perekaman bagi warga yang tinggal di kecamatan terjauh dari pusat ibu kota kabupaten dirinya berharap warga dapat mendatangi Dinas Capil.

“Pelayanan kita seperti biasa dan di tahun 2023 perjalanan di beberapa kecamatan untuk perekaman KPT tergantung anggaran. Alhamdulillah beberapa bulan ini perekaman cukup meningkat karena wajib KTP baru untuk usia 16-17 tahun sangat banyak dan partisipasinya sangat aktif,” urainya.

Sekali lagi ia meminta kepada masyarakat yang masih belum memiliki administrasi kependudukan segera mendatangi dinas kependudukan dan pencatatan sipil. “Pelayanan kita buka setiap hari kerja,” tandasnya. (Mg-1)