AMBON, Siwalimanews – Dinas Kesehatan Kota Ambon menemukan satu kasus Rubella di Hative Kecil, Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

Kepala Dinkes Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengatakan, setelah ditemukan satu kasus Rubella, Dinkes langsung melakukan vaksinasi ulang khusus penyakit menular tersebut.

“Imunisasi rubela yang pernah kita lakukan beberapa tahun lalu itu untuk mencegah rubela dan campak. Kemarin kita kejadian Luar Biasa (KLB) satu kasus rubella di Hative Kecil makanya di lingkungan itu ada beberapa RT yang kita lakukan vaksin ulang khusus rubela,” kata Pelupessy.

Dijelaskan, penemuan penyakit yang dapat dicegah lewat vaksinasi itu lantaran presentasi imunisasi tahun 2018 tidak mencapai 70 persen.

“Karena kita punya kekebalan kelompok belum terbentuk di tahun 2018 kemarin, dimana capaian imunisasi rubela kita tidak sampai 70 persen sehingga hal itu yang membuat kekebalan kelompok rendah terhadap campak dan rubella,” terangnya.

Baca Juga: Cuti Bersama, Vaksinasi Tetap Dilaksanakan

Sementara itu, kata Pelupessy, Dinkes Kota Ambon akan melaku­kan imunisasi rubella ulang di beberapa titik, yakni terpusat di Posyandu, PAUD dan SD.

“Imunisasi rubella ini kan diperuntukan untuk anak usia 9 bulan hingga 12 tahun. Jadi kita akan sasar kembali anak-anak ini mulai dari Posyandu, PAUD, dan SD,” tandas Pelupessy.

Untuk diketahui, Rubella merupakan infeksi virus menular yang dikenal dengan ruam merah yang khas. Penyakit ini juga dapat menyebar melalui kontak langsung dengan air liur atau lendir dari orang yang terinfeksi, atau melalui udara dengan tetesan hasil pernafasan yang dihasilkan dari batuk atau bersin. (S-08)