AMBON, Siwalimanews – Menyongsong perayaan hari ulang tahun (HUT) Partai Demokrat ke-20, 9 September mendatang, partai besutan Soesilo Bambang Yudhoyono ini menggelar lomba untuk para jurnalis dan kalangan umum.

Rangkaian lomba yang dilaksanakan ini untuk menumbuhkan semangat bagi para pelaku industri kreatif yang terdampak pandemi covid-19.

Ketua Panitia HUT Partai Demokrat ke-20 DPD Partai Demokrat Maluku, Halimun Saulatu menegaskan, berbagai lomba ini sudah mulai dibuka sejak Senin, 9 Agustus 2021.

‘’Ada enam bidang kreatif yang diperlombakan yaitu menyanyi, menulis, melukis dan karikatur, video pendek, fotografi, dan desain merchandise. Total hadiah yang disediakan mencapai ratusan juta rupiah,’’ tandasnya.

Dikatakan, lomba ini selain terbuka untuk umum, yaitu para pekerja kreatif di masing-masing bidang, juga diberikan kesempatan kepada jurnalis, yaitu lomba menulis dan lomba fotografer.

Baca Juga: Irjen Kemenkumham Laksanakan Penguatan Pembangunan ZI

‘’Juara satu, dua dan tiga diumumkan untuk tingkat provinsi dan yang juara satu diikutkan untuk lomba di tingkat nasional dengan hadiah yang lebih besar,’’ ungkap Saulatu, kepada wartawan, Selasa (10/8).

Untuk tingkat masional, lanjut anggota DPRD Maluku ini, DPD Partai Demokrat Maluku menargetkan akan menjuarai lomba menyanyi, mengingat banyak sekali bakat yang dimiliki penyanyi di daerah ini.

‘’Kita ini kan terkenal dengan musik, bahkan Ambon juga dijuluki sebagai Kota Musik sehingga kita targetkan Maluku akan meraih juara tingkat nasional untuk lomba menyanyi,’’ kata dia.

Kata Saulatu, tema utama lomba adalah “Demokrat Berkoalisi dengan Rakyat”. Setiap peserta lomba bebas memilih satu dari lima sub tema yang disediakan yakni Penanganan Covid-19, Selamatkan Ekonomi Rakyat, Selamatkan Demokrasi, Keadilan dan Kedamaian, dan Muda Adalah Kekuatan.

‘’Jadi para peserta bisa mendaftar sekretariat DPD Partai Demokrat Maluku juga di sekretariat DPC yang ada pada 11 kabupaten/kota.

Selain di Maluku lomba juga digelar di masing-masing DPD di seluruh Indonesia. Hasil karya dimasukan dalam bentuk file soft coppy ke panitia paling lambat tanggal 20 Agustus 2021,’’ jelasnya.

Halimun juga mengatakan, selain Lomba Karya Kreatif, Partai Demokrat juga menyelenggarakan Bulan Bakti sebagai wujud komitmen Demokrat Berkoalisi dengan Rakyat.

‘’Ada dua kegiatan selama Bulan Bakti ini, yakni Bakti Sosial dan Bantuan Sosial, dengan sasaran utama masyarakat yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman), masyarakat tidak mampu, dan para simpatisan Partai Demokrat yang terdampak ekonomi akibat pandemi Covid-19.

“Ini semua akan dilaksanakan sejak 11 Agustus hingga 30 September 2021,” jelas politisi dari Maluku Tengah ini.

Ia menambahkan, Bulan Bakti merupakan kelanjutan Gerakan Nasional Partai Demokrat (GNPD) Peduli dan Berbagi yang telah dilaksanakan sejak awal pandemi Covid-19.

“Partai Demokrat ikut merasakan kesulitan rakyat selama situasi pandemi ini. Dengan keinginan untuk jadi bagian dari solusi, Partai Demokrat menjadikan momen peringatan Dua Dekade Demokrat ini untuk membantu rakyat sekaligus memelihara semangat kreatif dengan semangat Demokrat Berkoalisi Dengan Rakyat,” pungkas dia. (S-16)