AMBON, Siwalimanews – Organisasi Kepemudaan yang tergabung dalam OKP Cipayung Plus Kota Ambon, mendesak pemerintah kota Ambon untuk segera melakukan revitalisasi Pasar Mardika sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan.

Pernyataan sikap ini disampaikan dalam konferensi pers yang dihadiri langsung seluruh ketua umum AKP Cipayung Plus yang terdiri dari HMI, GMKI, PMII, IMM, GMNI, PKMRI dan KAMMI, Minggu, (13/6).

Menurut mereka, pembangunan fisik pasar tradisional Mardika Kota Ambon, merupakan indikator penting dalam menata perputaran ekonomi dan akses transportasi di kota ini yang lebih maju dan indah.

“Relokasi pedagang Pasar Mardika Dimulai ke 3 Lokasi yaitu pasar ole-ole, pasar apung, pasar passo. Maka demi keadilan dan pemerataan relokasi di tiga lokasi pasar ini, pemkot harus merancang secara baik, agar semua pedagang mendapatkan tempat penjualan secara merata,” ungkap Ketua Umum HMI Cabang Ambon, Burhanuddin Rumbouw.

Dalam kesempatan itu, OKP Cipayung Plus Kota Ambon juga mengeluarkan tujuh pernyataan sikap yakni pertama, mendesak dan mendukung Pemerintah Kota Ambon, agar segera melaksanakan relokasi Pasar Mardika dan mempercepat pembokaran, demi pembangunan Pasar Mardika sesuai proses perencanaan.

Baca Juga: Satu Warga Passo Diamankan Polisi

Kedua, meminta kepada Pemerintah Kota Ambon, agar pembagian kupon harus memprioritaskan pedagang Pasar Mardika dan relokasi pedagang di pasar apung, ole-ole dan pasar Passo harus secara adil dan merata.

Ketiga, meminta kepada Pemerintah Kota Ambon agar menjamin keamanan dan kesalamatan para pedagang yang direlokasikan di pasar apung, ole-ole dan pasar Passo. Keempat, meminta kepada Pemerintah Kota Ambon agar mengatur arus lalulintas dan pembokaran muat barang di pasar Passo agar tetap ramai dan pedagang merasa nyaman untuk berjualan.

Kemudian kelima, menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Ambon agar membantu pemerintah untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Keenam, jangan jadikan isu sarah sebagai salah satu alasan politik untuk meloloskan kepentingan kelompok-kelompok tertentu

Ketujuh, meri kita bersatu mewujudkan Kota Ambon maju, aman, dama, dan terntram .

“Saya harapkan dengan revitalisasi Pasar Mardika yang nantinya menelan anggaran sebesar Rp160 miliar dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Pemerintah Kota Ambon demi mewujudkan pasar Mardika yang lebih maju dan modern,” tandas Burhanudin. (S-50)