AMBON, Siwalimanews – Anggota Komisi III DPRD Provinsi Maluku, Anos Yermias mengingatkan Balai Wilayah Sungai Maluku untuk memperhatikan embung yang telah dibangun di Desa Ulath, Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Malteng.

Peringatan ini disampaikan Anos kepada Siwalimanews di Baileo Rakyat Karang Panjang, Sabtu (21/8), merespon kondisi embung yang berada di Desa Ulath yang mulai tidak terurus.

“Kita ingatkan Balai Wilayah Sungai untuk memperhatikan embung-embung yang dibangun sejak tahun lalu, salah satunya di Desa Ulath,” ungkap Anos.

Menurutnya, pembangunan embung bagi keperluan pengairan masyarakat, harus ditangani dengan baik, agar tidak hanya seperti menara gading yang dibangun dengan anggaran yang cukup besarm tetapi tidak diperhatikan.

Akibatnya, masyarakat setempat mulai mengeluh, lantaran embung yang dibangun dengan anggaran yang cukup besar tidak berfungsi dengan baik bagi masyarakat, sampai dengan saat ini.

Baca Juga: Komisi I dan Pemprov Sepakat Alokasikan Anggaran Pilkada Serentak

Ketua Fraksi Golkar DPRD Provinsi Maluku ini mengaku, secara umum sudah beberapa embung telah dinikmati beberapa wilayah, tetapi pada wilayah tertentu kekeringan luar biasa dan ditakutkan akan mendatangkan bibit penyakit.

“Karena itu, saya harapkan Balai Wilayah Sungai untuk tetap perhatikan embung-embung yang telah dibangun agar berfungsi dengan baik,” harap Anos. (S-50)