Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya gelar resepsi kenegaraan sebagai ucapan syukur memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78 dengan tos kenegaraan.

Acara yang dihadiri Bupati MBD, Benyamin Thomas Noach, ST, Wakil Bupati, Drs. Agustinus Kilikily, M.Si bersama Ketua DPRD, Petrus A. Tunay, Dandim 1511 Pulau Moa, Letkol Inf. Galih Perkasa, Kapolres, AKBP. Pulung Wietono, Kajari Bambang R. Hartoko, melakukan cheers atau tos kenegaraan di Lapangan Kalwedo, Kota Tiakur, Kamis (17/8).

Bupati dalam sambutannya menyampaikan para pahlawan telah berjuang untuk memerdekakan bangsa Indonesia melalui perjuangan yang sangat panjang.

“Kita boleh sampai di usia 78 tahun karena kasih Tuhan yang besar lewat perjuangan para pahlawan bangsa. Kalo kita andaikan usia manusia, 78 tahun adalah usia yang sudah cukup tua. Usia dimana orang sudah tenang, tidak lagi ribut-ribut, orang sudah mulai menjadi panutan,” ucap bupati.

Ia berharap kiranya di usia 78 tahun ini, untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan.

Baca Juga: Pemda SBT Janji Bangun Galeri UMKM

“Menjaga keutuhan negara ini karena NKRI adalah harga mati. Tidak boleh ada satu kekuatanpun, baik kekuatan agama, kelompok, ras dan suku yang mengklaim bahwa dia sendiri memiliki bangsa ini,” tegasnya.

NKRI menurutnya adalah milik semua masyarakat Indonesia termasuk Maluku Barat Daya, warisan milik leluhur bersama.

“Semuanya harus memiliki tekad bersama menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia,” ingatnya.

Bupati mengingatkan seluruh masyarakat bahwa kita adalah bangsa Indonesia, bertanah air satu, berbangsa satu dan berbahasa satu yaitu Indonesia.

“Mari dalam demokrasi yang bebas ini kita bertumbuh, kita saling koreksi. Tapi marilah kita menjaga keutuhan,  persatuan dan kesatuan bangsa. Kita tidak boleh ragu,  pastikan bahwa Indonesia tetap satu. Pastikan bahwa rakyat MBD juga adalah satu,” pintanya.

Dalam syukuran HUT ini pula, pemerintah daerah melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia MBD, menyerahkan bonus kepada para atlet, manajer dan pelatih yang berprestasi di ajang Popmal IV 2022 beberapa waktu lalu. (Mg-2)