AMBON, Siwalimanews – Perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) ke-13 dilakukan secara sederhana ditengah pandemi Covid-19 yang melanda.

Tiga tahun sudah perayaan HUT kabupaten dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yakni di tahun 2019, 2020. Dan perayaan kali ini mengangkat tema MBD Sehat dan Tangguh Ekonomi Bertumbuh yang dilaksanakan di gedung serba guna Kota Tiakur, Rabu (21/7).

Peringatan HUT MBD dipimpin Bupati Benjamin Thomas Noah sebagai inspektur Upacara dan per­wira upacara dipercayakan kepada AKP Yopie Leatemia dan Komandan Upacara diberikan kepada Kapten Inf. Rudi Totumutu.

Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Agustinus Kilikily, Sekda Alfonsius Siamiloy beserta pimpi­nan forkopimda dan pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya.

Sebelum upacara dilakukan, di­awali dengan pembacaan sejarah singkat kabupaten dan iring-iringan lambang Daerah disertai dengan penghormatan kepada Lambang daerah.

Baca Juga: Cegah Stunting, PKK akan Canangkan Program Mitra Parenting

Bupati Maluku Barat Daya, Be­nya­min Thomas Noach dalam ara­hannya mengatakan maraknya penyebaran virus corona namun pemerintah tetap bekerja keras meningkatkan pembangunan di kabupaten dengan tajuk Kaldewo.

Selain itu juga pemerintah berhadap dukungan dari berbagai pihak termasuk masyarakat.

“ Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab bersama memajukan daerah ini dan  kita harus tetap bekerjasama dalam membangun MBD,” jelas Noach.

Menurutnya membangun suatu daerah penting demi menyatukan persepsidan jangan lagi ada lagi kubu-kubu yang menghambat proses pembangunan daerah.

Dalam menghadapi pendemi, di dalam arahannya, bupati juga mengajak masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

”Jika kesehatan dapat terjaga, tentu ekonomi dapat bertumbuh dengan baik. Karena dasar pembanguan suatu wilayah ditentukan dari kesehatan masyarakat,” terangnya.

Selain itu orang nomor satu di MBD juga menghimbau masyarakat tidak perlu ragu untuk divaksin. “Jangan ragu untuk melaksanakan vaksinasi dan tidak mempercayai informasi hoax terkait vaksin,” ujarnya.

Bupati juga memaparkan kalau angka kemiskinan di kabupaten yang dipimpinya terus menurun. Pada tahun 2019 yakni sebesar 30,2 persen dan pada tahun 2020 menurun menjadi 19,2 persen.

“Mari semua pihak bersatu padu dan bersama-sama membawa MBD keluar dari kemiskinan,” harapnya.

Pada kesempatan itu juga dilaku­kan launching program MBD Satu Data, program Mitra Parenting dan peresmian Stasiun Relay RRI MBD.

Diakhir sambutan bupati meng­ajak seluruh masyarakat MBD untuk mendukung pantai Ilmarang yang masuk dalam nominasi destinasi baru terpopuler pada Anugerah Pe­sona Indonesia (API) tahun 2021. (S-39)