MASOHI, Siwalimanews – Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua didampingi Ketua Tim Penggerak PPK, Ny Amien Ruaty Tuasikal melaksanakan bersih-bersih lingkungan di Kota Masohi serta membagikan masker hingga penanaman mangrove.

Peringatan hari kebersihan dunia yang dilaksanakan Pemkab Malteng Sabtu (19/9) itu dilakukan oleh seluruh komponen masyarakat, mulai dari aparat TNI dan Polri, PNS hingga elemen masyarakat lainnya.

Bupati dan istri pada aksi peduli lingkungan ini masing-masing memilih lokasinya sendiri,  bupati memilih membersihkan bantaran sungai yang dikenal dengan nama Kali Udang, sementara sang istri bersama rombongan membagikan ratusan masker kepada warga.

Pantauan Siwalimanews saat kegiatan itu berlangsung terlihat bupati berada dalam bantaran kali dan membersihkan sampah plastik hingga ganggang yang tumbuh di dalam kali.

Tak hanya itu, istri bupati juga menyempatkan waktu melakukan penanaman perdana mangrove bersama warga dikeluarhan Lesane.

Baca Juga: Puluhan Pelajar Daftar Lomba Pidato Virtual

Usai kegiatan itu kepada Siwalimanews, bupati mengatakan, kegiatan peringatan World Cleanup Day dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Untuk itu ia mengajak seluruh komponen masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan di wilayah Malteng khususnya di Kota Masohi.

“Saya mengajak kita semua untuk tetap jaga kebersihan lingkungan kita masing masing, tidak hanya pada peringatan hari kebersihan dunia yang kita peringati hari ini. Namun demikian kebersihan lingkungan, harus terus kita jaga senatiasa,” ajaknya.

Ia mengaku, pemerintah dan masyarakat sebelumnya sudah melakukan kegiatan peduli lingkungan, karena budaya bersih dan indah itu sudah mulai dilakukan beberapa tahun sebelumnya.

Ditempat terpisah Ketua TP PKK Malteng, Ny Amin Ruati Tuasikal mengajak masyarakat itu tetap menjaga kesehatan tubuh dan kebersihan lingkungan. Pasalnya Pandemi Covid-19 hingga saat ini belum dapat dikendalikan.

“Pandemi belum berakhir, olehnya kita wajib menjaga kesehatan diri dan orang lain. Kami berharap warga tetap patuhi protokol kesehatan, dengan mengunakan masker setiap keluar rumah, jaga jarak dan tidak terlibat dalam aktivitas massal lainnya,” himbau Ruati di sela-sela pembagian masker. (S-36)