BUPATI Seram Bagian Timur, Mukti Keliobas, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada seluruh insan PUPR atas kerja keras dan dedikasi yang tinggi selama ini.

“Dengan kekompakan dan kerjasama tim, kita berhasil untuk menyelesaikan berbagai tugas dan amanah terhadap pembangunan infrastruktur, baik infrastruktur ekonomi maupun infrastruktur sosial yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” ungkap Keliobas saat membacakan sambutan Menteri PUPR, M. Basuki Hadimuljono, pada upacara Hari Bakti PUPR ke-78, yang berlangsung di halaman kantor PUPR, Senin (4/12).

Adapun tema Hari Bakti PUPR ke-78 yakni : Sigap Membangun Negeri.

Dijelaskan, tugas dan amanah adalah wujud dari kepercayaan yang tinggi yang diberikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo, sekaligus cermin dari harapan yang besar dari masyarakat atas hadirnya infrastruktur yang berkualitas.

“Dan kita harus terus Istiqomah untuk menjaga kepercayaan para Pimpinan Negara dan publik kepada Kementerian PUPR yang kita cintai ini,” ujarnya.

Baca Juga: Salampessy Pastikan Tahun 2024 Infrastruktur Sentuh 15 Kecamatan

Pada kesempatan yang baik ini, dia menyampaikan kinerja Kementerian PUPR sepanjang tahun 2023  yang telah berhasil melaksanakan penugasan pembangunan Infrastruktur antara lain.

Pertama, mendukung penyelenggaraan event-event internasional, seperti KTT Asean ke- 42 di Labuan Bajo, KTT Asean ke-43 di Jakarta Convention Center  Renovasi Taman Mini

Indonesia Indah, 2023 FIBA Basketball World Cup di kompleks GBK, serta Piala Dunia U- 17 2023 di 4 provinsi yang menjadi tuan rumah yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Kedua, melanjutkan pembangunan infrastruktur dasar di IKN meliputi bendungan, air baku, jalan tol, jalan nasional, jalan logistik, kantor- kantor pemerintahan, IPA, IPAL dan TPST, serta hunian pekerja. Pembangunan infrastruktur dasar ini telah memberikan dampak positif dengan masuknya investor, seperti pem-bangunan rumah sakit, hotel, komersial, retail, kantor serta pusat pengembangan olahraga.

Kemudian ketiga, melanjutkan pembangunan Proyek Strategis Nasional dimana 88 PSN telah selesai seperti bendungan, jalan tol, irigasi, sistem penyediaan air minum, dan Program Satu Juta Rumah. Selanjutnya, ditargetkan sebanyak 40 PSN lainnya akan selesai di akhir tahun 2023 hingga akhir tahun 2024.

Keempat, Kementerian PUPR juga melanjutkan pembangunan infrastruktur kerakyatan, terutama di desa-desa, melalui program Padat Karya Tunai untuk membantu menyediakan lapangan kerja dan menambah penghasilan bagi 5,4 juta orang. Sejak 2016 hingga 2023, telah dibangun pula tidak kurang dari 583 jembatan gantung, 29 pasar rakyat, dan 1,35 juta unit rumah swadaya.

Dan kelima, sesuai Inpres No. 3 Tahun 2023 tentang percepatan peningkatan konektivitas jalan daerah, Kementerian PUPR memulai penanganan jalan daerah sejak Juli tahun 2023 sepanjang 3139 Km dan 2682 meter jembatan di 33 Provinsi. Diharapkan semua pekerjaan dapat kita tuntaskan pada akhir 2023 dan akan kita lanjutkan di tahun berikutnya.

Kata Hadimuljono, menyongsong tahun terakhir Kabinet Indonesia Maju, ingin mengingatkan kembali pesan Bapak Presiden Jokowi dalam penyerahan DIPA 2024.

“Pertama, Gunakan anggaran yang telah diberikan secara disiplin, teliti, dan tepat sasaran. Kedua, Kelola anggaran dengan penuh transparansi dan akuntabilitas, serta jangan membuka celah sedikitpun untuk korupsi. Tiga, percepat realisasi anggaran dengan orientasi pada hasil dan manfaat maksimal bagi rakyat,” pintanya.

Pada tahun 2024, lanjut dia, pihaknya akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan 10 tahun World Water Forum 2024 pada tanggal 18 hingga 24 Mei 2024 di Bali sebagai pertemuan air terbesar di dunia yang akan dihadiri lebih dari 17 ribu orang.

“Kita semua harus memberikan dukungan dan mengupayakan yang terbaik untuk suksesnya event penting ini yang memperlihatkan leadership Indonesia pada tataran global dalam mencari solusi berbagai isu besar PUPR untuk mengendapkan netralitas, tidak ikut dalam kegiatan politik praktis. Kita harus terus melaksanakan tugas dan amanah menyelenggarakan pembangunan pengelolaan Infrastruktur secara profesional dan loyal pada pemerintah pimpinan nasional,” pungkasnya.

Usai upacara Hari Bakti PUPR, Bupati Seram Bagian Timur Mukti Keliobas mengukuhkan 10 orang Tim Reaksi Cepat Penanganan Kerusakan Infrastruktur PUPR. Sesuai dengan Surat SK pelaksanaan tugas Kepala Dinas PUPR SBT Abu Saleh Salam­pessy nomor 800.1.11/172. b.

Dilanjutkan dengan  penandatanganan peresmian taman dinas PUPR oleh Bupati didampingi  ketua DPRD SBT dan Kapala Dinas PUPR Seram Bagian Timur sekaligus penyerahan Al- Qur’an secara simbolis perwakilan pesantren. (S-27)