BUPATI Seram Bagian Timur (SBT) Abdul Mukti Keliobas direncanakan akan memantau jalannya vaksinasi Covid-19, yang berlangsung di Kecamatan Pulau Gorom, Gorom Timur dan Pulau Panjang, Teor dan Wakate, dalam sepekan lalu.

Tujuannya untuk memastikan jalannya vaksinasi Covid-19 sekaligus mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan vaksinasi di tiga kecamatan tersebut.

“Saya harus memastikan langsung jalannya vaksin, karena ini penting bagi kesehatan, apalagi masyarakat masih  minim kesadaran tentang vaksin,” ungkap Keliobas, kepada Siwalima, di Bula, kemarin.

Dikatakan, pentingnya dilakukan vaksin ini karena daerah masih berada pada angka yang belum mencapai target 70 persen dan jika tidak tercapai target maka akan berdampak pada  transferan Dana Alokasi Umum maupun Dana Alokasi Khusus, sehingga Pemda SBT berkewajiban menghimbau masyarakat agar dapat melakukan vaksinasi Covid- 19.

“Pentingnya untuk melakukan vaksin ini karena daerah masih berada pada angka yang belum mencapai 70 persen sehingga apabila jika tidak tercapai target maka bisa saja berdampak pada transferan DAK dan DAU,” katanya.

Baca Juga: Sikapi Perkelahian Antar Kampung, Wattimury Himbau Masyarakat Tahan Diri

Kata bupati, untuk mencapai target tersebut, maka Pemda bersama-sama dengan TNI maupun Polri  melakukan pemantauan di kecamatan yang akan di gelar vaksin tersebut.

“Kami akan bersama-sama de­ngan TNI dan Polri, untuk mela­kukan pemantauan di kecamatan yang akan digelar vaksin tersebut, sekaligus menghimbau kepada mas­yarakat agar jangan takut vaksin,” ujar Keliobas.

Bupati menambahkan, pelaksa­naan vaksin ini untuk mencegah terjadi penyebaran Covid-19 se­hingga masyarakat berkewajiban untuk melaksanakan vaksin se­suai dengan prosedur yang ada. (S-47)