AMBON, Siwalimanews – Setelah 100 personel Satuan Brimob Polda Maluku diberangkatkan untuk mengamankan Pilkada serentak di Sulawesi Selatan pada Minggu (6/12) kemarin.

Apel siaga sekaligus gelar pasukan, perlengkapan dan kendaraan dalam rangka mengantisipasi kontijensi pilkada serentak tahun 2020, digelar di Lapangan Letkol Chr Tahapary Polda Maluku, Senin (7/12).

Apel gelar pasukan yang dipimpin Komandan Satuan Brimob Polda Maluku Kombes M Guntur, dilakukan pengecekan kesiapan personil, perlengkapan pribadi, sarana dan prasarana untuk mendukung tugas dilapangan.

“Kegiatan apel gelar pasukan, perlengkapan dan gelar kendaraan ini sebagai wujud kesiapan dan Bhakti Brimob untuk masyarakat, selain berfokus pada kegiatan penanganan dan pencegahan penyebaran virus Covid-19, personel juga harus selalu siap tugas dimanapun dan kapanpun dalam menghadapi pilkada serentak tahun ini. Selain juga siaga terhadap bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi di Maluku, “ tandas Komandan Satuan Brimob Polda Maluku Kombes M Guntur.

Baca Juga: 100 Personel Brimob Maluku Dikirim Amankan Pilkada di Sulsel

Dijelaskan, ada 4 kabupaten di Mlauku yang akan melaksanakan pilkada serentak yakni, Kabupaten  Seram Bagian Timur, Kepulauan Aru dan Buru Selatan serta Kabupaten Maluku Barat Daya. Apel ini untuk mengantisipasi unjuk rasa dari peserta pilkada atau pendukung dan Ormas/LSM yang akan mengganggu pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020.

Selain mengamankan pilkada di wilayah Provinsi Maluku, Satuan Brimob Polda Maluku juga telah mengirimkan 1 SSK personilnya untuk memback up pengamanan pilkada di wilayah Sulawesi Selatan  yang telah diberangkatkan pada, Minggu (6/12) siang.

“Melalui apel kesiapsiagaan sekaligus apel gelar pasukan, peralatan serta kendaraan ini kita bisa ketahui apa dan bagaimana kondisi dari personel, perlengkapan, peralatan dan kendaraan. Apabila terjadi kerawanan pada saat pelaksanaan tahapan Pilkada 2020 seperti masa tenang, masa pemungutan suara dan penghitungan, pengumuman hasil sementara, rekap KPU di kabupaten, hingga tingkat provinsi dan penetapan paslon terpilih, kita sudah siap,” jelasnya. (S-45)