AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena berharap, semua partai yang dirinya mendaftar sebagai bakal calon kepala daerah dapat ,mendukungnya nanti di pilkada Kota Ambon yang akan berlangsung di bulan November mendatang.

Harapan tersebut diwujudkan Bodewin dengan mengembalikan berkas sekaligus mendaftarkan dirinya sebagai bakal calon Walikota Ambon di PDIP.

“Sore hari ini, saya dan tim datang untuk mengembalikan formulir sekaligus mendaftarkan diri sebagai bakal calon Walikota Ambon di PDIP,” ujar Wattimena usai menyerahkan berkas pendaftaran kepada tim penjaringan di Sekretariat PDIP Kota Ambon, Selasa (30/4).

Ia mengaku, pendaftaran ini sebagai bentuk keseriusannya untuk mengikuti proses politik 2024 yang akan berlangsung 27 November mendatang.

“Kami berharap dengan seluruh persyaratan yang telah diserahkan, mudah-mudahan lewat kesempatan ini kami akan ikut berproses bersama lewat PDIP dan tentunya, kita berproses. Tetapi dengan mengembalikan formulir ini, saya nyatakan siap untuk maju bertarung dalam Pilkada Kota Ambon,” tandasnya.

Baca Juga: Kejati Maluku Diduga Sengaja Tutupi Kasus Reboisasi dan Dana Covid

Wattimena mengaku, sudah tiga partai yaitu Demokrat, PKB dan saat ini PDIP serta nantinya Perindo malam ini juga dirinya akan mendaftarkan diri.

“Saya akan kembalikan formulir semua partai dan saya daftar sebagai bentuk penghargaan kepada seluruh partai yang sementara berproses. Tinggal nanti tunggu kalau memenuhi syarat untuk didukung dan mendapatkan rekomendasi,” tuturnya.

Wattimena berharap, mendapat dukungan semua partai, tetapi tentu itu dilakuakn sesuai mekanisme masing-masing partai.

“Kalau peroleh rekomendasi syukur itu mungkin bagian dari pada proses yang harus diikuti, normal saja jadi kita berproses. dapat ya dapat, kalau tidak ya tidak,”ujarnya.

Ditanya soal wakil walikota yang akan mendampinginya, Wattimena mengaku, itu tidak dapat diputuskan begitu saja, tetapi akan dilihat berdasarkan hasil survei.

“Jadi kita tidak bisa putuskan begitu saja, semua lewat mekanisme survei kemudian juga pasti akan ada diskusi bersama partai politik yang nantinya memberikan rekomendasi,” cetusnya.

Ketua Tim Penjaringan Dominggus Pattileuw menjelaskan, berkas Bodewin Wattimena memenuhi syarat dan akan diproses selanjutnya.

“Kita sudah menerima berkas pendaftaran dan semuanya pemberkasan bakal calon dinyatakan lengkap untuk diproses sampai pada tahapan penjaringan di tingkat DPD dan DPP,” jelasnya.(S-25)