AMBON, Siwalimanews – Bersama petani binaan di dusun Karang-Karang, Desa Poka Lanta­mal IX Ambon melaksanakan panen raya tanaman jagung, Jumat (3/6).

Panen raya dihadiri Aspotmar Kasal, Mayjen TNI Nur Alamsyah bersama Ketua Cabang 6 Gabungan Jalasenastri Mabesal, Ayu Alam­syah didampingi Danlabtamal IX Ambon, Brigjen TNI Said Latucon­sina bersama Ketua Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada III, Widya Said Latuconsina.

Aspotmar Kasal Mayjen TNI Nur Alamsyah mengatakan Komandan AL sudah memerintahkan melaksa­nakan ketahanan pangan, baik di laut, pesisir dan tempat-tempat yang memungkinkan. Dan ini yang disiap­kan oleh Danlantamal Ambon, yaitu memanfaatkan lahan yang tidur.

“Disini lahan AL ada sekitar 50 hektar dan baru 5 hektar mulai dimanfaatkan dan diharapkan akan berguna bagi masyarakat sekitar. Kenapa jagung, jadi setelah dilihat oleh komandan Danlantamal dan jajarannya, yang paling cocok disini itu jagung,” pintah Mayjen Nur.

Selain itu, pembinaan potensi maritim sesuai perintah komandan AL untuk pembinaan kegiatan pa­ngan dalam rangka membantu me­ngatasi kesulitan masyarakat dise­kitarnya dalam hal pangan.

Baca Juga: Danrem Berikan Arahan Kepada Casis

“AL sudah membuat program kampung bahari nusantara yang klasternya ekonomi, dan ini yang sedang dikerjakan oleh Lantamal Ambon. Saya berterima kasih apa yang dibuat. Semoga apa yang dibuat bisa memberikan nilai lebih bagi masyarakat sekitar untuk ke­tahanan pangan,” harapnya.

Gubernur dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III Setda Maluku, Habiba Saimima mengata­kan tanaman pangan yang dilak­sanakan saat ini, tentunya merupa­kan langka strategis dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan masyarakat.

“Yang berikut yang paling mem­banggakan, program ini langsung melibatkan petani lokal yang tentunya itu akan membangun ke­sadaran masyarakat untuk meman­faatkan lahan kosong yang ada disekitar dengan menanam komo­ditas pangan pokok unggulan,” jelasnya.

Selaku pemerintah daerah, ia ber­harap program ini dapat dikembang­kan diseluruh wilayah Maluku dan menjadi rool model bagi instansi lain.

Diketahui, selain melaksanakan panen raya jagung, juga dilakukan penanaman kembali bibit jagung di areal yang sama. Pada kesempatan itu, Lantamal IX Ambon juga menyerahkan bantuan berupa sembako bagi para petani binaan, sekaligus menyerahkan bantuan alat pertanian. (Mg-1)