MENTERI Investasi Kepala Badan Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia mengakui investasi energi panas bumi berada di wilayah Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku kendati belum mengetahui locus investasi itu berada, namun pastinya potensi pengembangan energi panas bumi itu dipastikan berada di wilayah Malteng.

“Saya belum dapat informasi titik lokasi investasinya di wilayah mana. Namun yang jelas rencana pengem­bangan investasi itu berada di wilayah Provinsi Maluku Kabupa­ten Maluku Tengah,” ungkap Bahlil saat melakukan kunjungan silatu­rahmi keluarga serta suara kubur di Negeri Banda Baru Kecamatan Ama­hai, Maluku Tengah, Jumat  (2/6).

Bahlil Lahadalia yang pernah sekolah di Kabupaten Malteng ini menegaskan, investasi energi panas bumi saat ini dalam kajian Kemen­terian Investasi dan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral.

“Masih dalam kajian antara kementerian investasi dan sumberdaya mineral. Nanti saya akan cek lagi prosesnya sudah sampai dimana,” ungkapnya.

Meski pihaknya masih terus berkolaborasi untuk memastikan  jalannya investasi tersebut wilayah Maluku. Namun Bahlil berharap rencana penanaman modal investasi di Bumi Pamahanu-Nusa itu dapat terealisasi.

Baca Juga: Marasabessy Apresiasi Komitmen Yonif 731 Jaga Keamanan

“Kita masih terus kombain dengan pihak ESDM. Tentu harapkan rencana investasi itu dapat tercapai agar dapat menumbuhkan ekonomi di Provinsi Maluku dan Kabupaten Malteng khususnya,” ujarnya.

Bahlil mengatakan, sebuah wilayah akan maju atau berkembang bila ada investasi di daerah tersebut, sangat tidak mungkin sebuah wilayah itu berkembang kalau tidak ada investasi. Pemerintah harus mendorong adanya investasi. Apalagi dengan kondisi APBD dan APBN yang hanya 18 persen, sisanya sektor swasta termasuk investasi.

“Karena begini, tidak akan mungkin sebuah wilayah itu berkembang jika tidak ada investasi. Mau mengharapkan APBD dan APBN hanya 18 persen alokasinya dari total pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional dari APBD atau APBN, selebihnya dari pihak swasta didalamnya itu ada investasi,” terangnya.

Dalam kunjungan ini, Bahlil Lahadalia didampingi Penjabat Bupati Malteng Muhamat Marasabesy, Sekda Maluku Sadali Ie, dan mantan Anggota DPR Michael Wattimena serta pejabat teras Pemkab Malteng.

Menteri Bahlil tiba di Pelabuhan Ina Marina Kota Masohi Kabupaten Malteng dengan menggunakan speedboat khusus. Ia disambut pejabat teras Pemkab Malteng.

Dari situ, Menteri Bahlil bersama Penjabat Bupati Malteng langsung ke Banda Baru untuk ziarah kubur orang tuanya dan silaturahmi bersama keluarganya.

Setelah dari Banda Baru, Menteri Bahlil bersama rombongan dengan menggunakan speedboat melakukan kunjungan ke Banda Neira Kecamatan Banda Kabupaten Malteng.(S-17)