DOBO, Siwalimanews – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 serta Pemkab Aru mewajibkan seluruh ASN menjalani swab test. Selain ASN personel TNI dan Polri serta wartawan juga diharuskan.

Untuk menjalankan instruksi itu, maka Kamis (18/2) sebanyak 202 orang yang terdiri dari ASN, anggota TNI dan polri serta wartawan menjalani swab test dilakukan oleh Dinas Kesehatan Aru dibantu Tim Balai Teknik Kesehatan Maluku.

“Hari ini 202 orang jalani swab test yang teridiri dari ASN dan pegawai honorer pada Sekretariat Pemda, anggota Koramil 1503-03 dan wartawan. Kegiatan ini dipusatkan di lapangan upacara Kantor Bupati,” ungkap Jubir Satgas Aru, Thomas Anmama kepada Siwalimanews, disela-sela kegiatan swab test tersebut.

Swab test ini kata Anmama, merupakan instruksi bupati yang mengharuskan seluruh ASN, dan pekerja jurnalis, bahkan TNI dan Polri untuk jalani swab test, dikarenakan aktivitas mereka yang tinggi. kedepannya juga akan diupayakan bagi seluruh masyarakat Aru menjalani hal yang sama.

Untuk hari ini, sesuai jadwal swab test dilakukan untuk ASN dan tenaga honorer yang bekerja di Sekretariat Daerah, Koramil 1503-03 PP Aru, Brimob Kompi 2 Yon C Pelopor Aru. Namun, dalam pelaksanaanya anggota dari Brimob Kompi 2 Yon C Pelopor Aru tidak datang.

Baca Juga: Unggul Jauh, Maspaitella ke Pemilihan Tahap Dua

“Ada wartawan juga telah jalani swab test. wartawan merupakan bagian perioritas, karena rekan-rekan ini setiap harinya selalu berkomunikasi dengan banyak orang dalam barbagai kondisi, sehingga masuk perioritas untuk jalani swab test,” jelasnya.

Untuk ASN pada OPD lainnya menurut Anmama, akan menjalani swab test pada hari-hari berikutnya. Sementara yang telah lakukan swab test sehari sebelumnya atau Rabu (17/2) yakni personel Polres Aru dan Kompi Senapan Elang 747 SNS.

Hasil swab test ini nanti, akan menentukan apakah seseorang layak untuk menjalani vaksinasi atau tidak. (S-25)