AMBON, Siwalimanews – Akibat arus pendek atau korsleting, kebaka­ran hebat melanda em­pat unit bangunan di kawa­san Ahuru tepat­nya di Puskesmas Air Besar Kecamatan Siri­mau Kota Ambon, Sabtu (20/11).

Peristiwa terjadi sekitar pukul 13.00 WIT di RT 004/RW 017 yakni ber­awal dari titik api yang berasal dari rumah ke­luarga Daeng Sanusi.

Menurut Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Izack Leatemia, adanya arus pendek di kabel induk milik PLN pada lantai 2 rumah Daeng Sanusi.

Leatemia menjelaskan, me­nurut keterangan pemilik ru­mah yang menjadi titik awal api Daeng Sanusi, saat ke­bakaran dirinya berada didalam kamar kemudian anaknya berteriak kebakaran selanjutnya saksi lang­sung keluar dari rumah dan melihat percikan api di atas senk rumah.

“Saksi melihat api menjalar me­ngikuti kabel yang berada di atas senk selanjutnya saksi langsung bersama warga sekitar berusaha untuk memadamkan api meng­gu­nakan air dan pasir,” jelas Leatemia kepada wartawan Sabtu (20/11).

Baca Juga: BPPRD Pesimis Target Retribusi Sampah Perusahaan Capai Target

Dikatakan, akibat dari kebakaran tersebut dua unit rumah milik Daeng Sanusi dan Wa Umi. Diantaranya satu unit kios, satu unit butik, dan 1 unit kos kosan ludes terbakar.

“Dalam persitiwa tersebut tidak terdapat korban jiwa. Namun untuk kerugian materil diperkirakan sekitar 450 juta,” kata Leatemia.

Untuk diketahui, kondisi cuaca yang membuat kobaran api dengan cepat membakar empat unit bangu­nan tersebut. Pasca kebakaran warga yang berada di sekitar lokasi berlarin keluar rumah untuk memadamkan kobaran api yang dengan cepat merembet ke bangunan sekitar.

Tak lama kemudian petugas pemadam kebakaran terlihat tiba di TKP dan berusaha memadamkan api dibantu warga sekitar. (S-45)