AMBON, Siwalimanews – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengatakan, walaupun ketercapaian vaksinasi kota ini hampir 100 persen namun vaksinasi anak usia 6-11 tahun belum dapat dilakukan.

Hal ini dikarenakan Maluku masih belum mencapai target vaksinasi yakni 70 persen. Dirinya menjelaskan, hitung pelaksanaan vaksinasi menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, total vaksinasi harus disesuaikan dengan jumlah yang dicapai oleh provinsi bukan pemerintah kota/kabupaten.

“Kita menunggu surat edaran dari kementerian karena yang dilakukan sekarang kan masih sudah 12 provinsi yang vaksinasi itu sudah 70 persen dosis pertama lansia ya 60 persen untuk Provinsi Maluku, kan masih ada di angka 51 persen dan belum 70 persen,” jelas Pelupessy, kepada wartawan, di Balai Kota Ambon, Senin (27/12).

Pemupessy menegaskan, vaksin bagi anak usia 6-11 tahun belum dapat dilakukan.  “Kita masih menunggu,  jadi belum bisa melaksanakan vaksinasi untuk anak,” katanya.

Disinggung terkait dengan langkah antisipasi yang telah dilakukan oleh pemerintah kota (Pemkot), apabila vaksinasi anak usia 6-11 tahun diijinkan. Pelupessy mengatakan, sosialisasi telah dilaksanakan.

Baca Juga: Wakajati dan Bupati KKT Tinjau Serbuan Vaksinasi

“Untuk sementara tetap sosialisasi jalan,” tandas Pelupessy.

Dirinya mengatakan, setelah edaran dikeluarkan pihaknya siap melakukan vaksinasi. “Jadi provinsi dulu, baru kita bisa melaksanakan kita belum tahu kalau nanti tahun berikut masih ada edaran baru itu atau tidak kita tinggal menyesuaikan,” pungkas Pelupessy. (S-52)