DOBO, Siwalimanews – Kepedulian dan kebersihan lingkungan menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia, sebab bagaimanapun kualitas lingkungan yang sehat akan sangat berdampak pada kualitas kehidupan masyarakatnya.

Untuk mewujudkan itu, maka personel TNI dan Polri di Kabupaten Aru bersama pemkab dan masyarakat melaksanakan aksi bersih-bersih sampah yang dipusatkan di  Kelurahan Siwalima, tepatnya di lingkungan RT 001/03, Kecamatan Pulau-pulau Aru.

Aksi bersih-bersih itu, dipimpin Kapolres Aru AKBP Dwi Bachtiar Rivai yang dimulai pukul 08.00 WIT hingga pukul 10.00 WIT itu, belasan ton sampah berhasil diangkut.

Kapolres kepada wartawan disela-sela aksi bersih-bersih itu menjelaskan, kegiatan Jumat bersih yang dilaksanakan personel TNI dan Polri saat ini, dalam rangka menindaklanjuti instruksi presiden terkaits tunting, di mana target pemerintah tahun 2024 Indonesia harus zero atau nol stunting.

“Ini merupakan program bapak Presiden Joko Widodo terkait Stunting, bahwa yang mana target pemerintah tahun 2024 kita harus terbebas dari namanya stunting, sehingga kita upayakan mulai dari paling bawah atau paling dasar yaitu masalah kebersihan,” jelas kapolres.

Baca Juga: Lopies Apresiasi Dukungan Media ke AMO

Kapolres mengaku, aksi Jumat Bersih ini diawali dengan kegiatan bersih-bersih, yang mana di Kelurahan Siwalima pantai, daerah ini dipilih sebab sampahnya sangat banyak, sehingga harus dibersihkan.

“Saat ini kita fokuskan di Kelurahan Siwalima pantai RT 001/03, di mana kita lihat di sini sudah sangat kotor karena bawaan sampah dari daerah lain dan juga warga setempat yang membuang sampah sembarangan sehingga membuat sampah menggunung,” tutur kapolres.

Selain itu, kata kapolres, kegiatan ini juga bertujuan untuk membersihkan lingkungan warga agar terbebas dari berbagai sampah, terutama sampah plastik.

“Sasaran utama pembersihan kali ini adalah sampah-sampah plastik yang dibuang sembarangan, karena lingkungan yang bersih dan asri merupakan dambaan setiap masyarakat, namun terkadang kesadaran masyarakat untuk memelihara lingkungan sangat kurang, sehingga kita perlu memberi himbauan dan langsung turun ke lapangan,” ujar kapolres.

Kapolres mengaku, saat ini banyak sampah yang diangkut dari lokasi pembersihan yakni kurang lebih lima  truk. Untuk itu pihaknya mengajak masyarakat agar bersama-sama dengan TNI dan Polri jalani hidup bersih, dengan harapan kehidupan masyarakat dapat lebih sehat.

“Dengan kegiatan Jumat bersih ini tentunya untuk angka stunting di Aru bisa kita atasi sejak dari awal dengan hidup bersih,” ucap kapolres.(S-11)