PIRU, Siwalimanews – Melantik 26 kepala desa masa bakti 2021-2027, Bupati Seram Bagian Barat (SBB) Timotius Akerima meminta agar dapat memberantas kemiskinan.

Pelantikan dan pengam­bilan sumpah janji berlang­sung di aula lantai III Kantor Bupati, Senin (22/11).

Akerina dalam sambutannya berpesan kepada para kades yang baru dilantik, agar dapat menjalankan roda pemerintahan dengan baik.

“Saya minta kalian dapat dapat memberantas kemiskinan di tingkat desa, sehingga masyarakatnya dapat hidup sejahterah,” pesan Akerina.

Selain itu, sebagai unsur terdepan, pemerintah desa harus mampu memberikan pelayanan secara tepat, efektif dan efisien, serta lebih aspiratif, kreatif, inovatif, cepat dan tanggap terhadap perkembangan kehidupan masyarakat desa.

Baca Juga: Pihak Ketiga Patok Harga Lapak Hingga 20 Juta

“Bagi saudara-saudara kades, anda telah dipilih oleh masyarakat dan diakui sebagai pimpinan mereka, sehingga sebutan atau gelar yang akan mereka berikan, baik itu raja, latu, upu dan sebagainya terimalah gelar itu. Walaupun semuanya masih berproses, karena ini adalah merupakan pengakuan dan penghargaan serta penghornatan dari rakyat kepada pemimpinnya,” ungkapnnya.

Keberhasilan otonomi di daerah kata Bupati, ditentukan oleh keberhasilan dalam penyelenggaraan pemerintahan, karena pelaksanaan pembungunan dan pembinaan kemasyarakatan ditingkat desa.

“Saya pesan dan titipkan kepada para kades yang baru dilantik untuk jadi pemimpin bagi seluruh rakyatmu dan rangkul, rekatkan persatuan dan kesatuan yang kebhinekaan bagi komponen masyarakat,” ingatnya.

Selain itu ia juga meminta agar kades dapat memelihara dan lestarikan nilai budaya dan istiadat di desa.

“Layani rakyatmu secara ikhlas, walaupun dalam suka maupun duka, terus bangun kerja sama yang harmonis dengan seluruh komponen masyarakat seperti, BPD, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, babinsa, Babinkamtibmas dan sebagainya,” harapnya.

Pelantikan 26 kades ini, maka jumlah kades yang definitif bertambah dari sebelumnya 41 orang.

“Dengan demikian, total sudah ada 67 kades yang definitif di kabupaten ini, sehingga diharapkan semua kades dapat bersama-sama dengan pemda Kase Bae SBB lebih baik lagi kedepan,” ucapnya. (S-48)