MASOHI, Siwalimanews – Direktur Perusahaan Air Minum Daerah Tirta Nusa Ina Calvin Tahamata, mengaku, beberapa wilayah di Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah dalam beberapa hari terakhir ini tak dapat menikmati air bersih.

Kondisi itu, bukan karena ada unsur kesengajaan, namun diakibatkan jebolnya kipas pada mesin pompa produksi utama.

“Kami sedang berusaha hingga sekarang. Kondisi air tidak mengalir ke pelanggan beberapa hari terakhir ini bukan karena unsur sengaja. Mesin pompa utama kami jebol dan terdapat kerusakan fatal, sehingga tidak bisa berproduksi, otomatis air tidak mengalir ke pelanggan di sebagian wilayah Kota Masohi,” ungkap Tahamata kepada Siwalimanews di lokasi perbaikan pompa utama perusahaan daerah itu, Selasa (26/3).

Tahamata menjelaskan, selain berupaya memperbaiki mesin pompa utama yang rusak, pihaknya juga telah mengupayakan solusi alternatif dengan mengaktifkan mobil tangki untuk melayani kebutuhan pelanggan. Itupun dilakukan secara gratis.

“Selain berupaya memperbaiki kerusakan mesin dengan mendatangkan teknisi ahli dari luar daerah, mobil tangki kami aktif secara gratis. Jadi tidak benar kita hanya fokus tangani masalah, lalu hanya berdiam diri. Setiap hari mobil tangki kita aktifkan sesuai permintaan pelanggan. Ini kita lakukan sejak kerusakan menimpa mesin kami. Jadi keliru, kalau ada yang menuding tidak ada solusi alternatif,” tandasnya.

Baca Juga: Warga Kesulitan Air Bersih, Dirut Perumda Trita Nusa Ina Diminta Mundur

Kerusakan mesin produksi pompa utama kata Tahamata bukan disengajakan. Namun disebabkan daya kerja mesin melebihi batas waktu maksimal.

“Mana ada perusahaan di dunia ini yang tidak melakukan produksi. Itu nonsen. Kalau air tidak jalan otomatis perusahaan rugi. Jadi tidak ada unsur segaja disini, naif itu. Fakta yang benar adalah mesin pompa produksi utama rusak. Akibatnya pelayanan tidak berjalan maksimal. Kita sedang berupaya dengan harapan dapat secepatnya berhasil diperbaiki,” jelasnya.

Untuk itu, Tahamata minta para pelanggan PD Tirta Nusa Ina untuk bersabar, sebab pihaknya terus berupaya memperbaiki kerusakan, agar air dapat kembali mengalir seperti biasa.

“Kami berupaya keras, semoga paling lambat hari ini atau besok kerusakan mesin sudah teratasi. Kami berharap warga bersabar. Selain itu kamipun akan memberikan pelayanan air bersih, jika warga melapor dan membutuhkan. Itupun diberikan gratis, namun karena keterbatasan sarana, pelayanannya mungkin dilakukan dengan sistem antri,” tuturnya.

Pantauan Siwalimanews di lokasi perbaikan transmisi utama, terlihat upaya perbaikan mesin pompa terus dilakukan pihak PD Tirta Nusa Ina Masohi. Dimana terdapat dua teknis yang didatangkan dari luar daerah serta sejumlah karyawan sedang membantu mengerjakan kerusakan mesin yang rusak tersebut. (S-17)