BUPATI Maluku Tengah (Malteng) Tuasikal Abua menegaskan, perjuangan Kapitan Pattimura menjadi catatan sejarah bagi bangsa dan negara yang harus selalu di kenang dan menjadi spririt oleh seluruh generasi muda bangsa di Maluku dan Maluku Tengah.

Ketegasan Bupati ini disampaikan dalam upacara peringatan Hari Pattimura yang berlangsung di lapangan Upacara Saparua Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (15/5).

Dikatakan, spririt perjuangan Kapitan Pattimura dan pejuang serta rakyat Maluku saat itu untuk melawan hegemoni penjajah harus terus berkobar dalam sanubari generasi muda saat ini untuk terus berjuang membangun bangsa dan negara.

Perjuangan yang dilakukan oleh Kapitan Pattimura dan pejuang lainnya, serta rakyat yang tertindas adalah upaya untuk menentang Hegemoni penjajahan, membela harga diri, serta menjujung tinggi harkat dan martabat manusia,” tandasnya.

Bupati meminta, para generasi muda harus memegang teguh janji Kapitan Pattimura, bahwa Pattimura tua akan mati, namun akan tumbuh 1000 Pattimura muda yang akan melanjutkan perjuangan.

Baca Juga: Lelang Jabatan Tinggi Pratama Segera Digelar

Pada kesempatan itu, Bupati selaku upulatu upacara juga mengajak seluruh masyarakat Maluku untuk bersama-sama memajukan daerah, dengan tetap berpedoman pada nilai Maluku dan semangat Lawamena Haulala, potong di kuku rasa di daging, Ain ni Ain, satu untuk semua dan semua untuk satu.

Abua menjelaskan, dengan potensi sumberdaya alam yang ada saat ini pemerintah kabupaten terus berupaya,bekerja keras memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat. Langkah ini sambung Bupati mesti dan terus didukung oeeh segenap masyarakat.

“Dengan potensi sumberdaya alam yang melimpah saat ini, pemerintah kabupaten Malteng terus berupaya membangun daerah dan mensejahterakan rakyat.. olehnya semangat ini perlu dan senantiasa didukung oleh semua elemen,agar meui momentum peringatan pahwan besar rakyat Maluku ini harapan itu mudah mudahan dapat diwujudkan,” ujarnya.

Semangat dan nilai luhur perjuangan Pahlawan Pattimura seperti rela berkorban,pantang menyerah,bekerja keras hendaknya dapat menggugah hati dan tekat untuk memperkokoh dan meningkatkan rasa persatuan, kebersamaan dan kerukunan antar sesama anak bangsa di daerah ini dimanapun berada.

“Pattimura muda kreatif inspiratif dan inovatif peringatan hari Pattimura ke 205 tahun ini yang diusung sebagai tema peringatan hari Pattimura ke 205 tahun ini tentu mengandung makna penting yang harus diresapi oleh kita semua terutama Pattimura muda masa kini untuk terus maju,cerdas serta berdaya saing dalam menghadapi tantangan masa kini dengan melahirkan gagasan dan ide ide kreatif, inspiratif dan inovatif untuk Maluku maju,” cetusnya. (S-36)