AMBON, Siwalimanews – Dari 218 program studi (Prodi) yang berada di 44 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang tersebar di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XII Maluku Maluku Utara  baru 63 prodi yang terakreditasi B.

“63 prodi sudah terakditasi baik sekali atau B sementara 120-an masih ter­akreditasi C dan tidak lebih dari 20 prodi yang kadarluarsa dan memang ada yang belum terakreditasi karena masih prodi baru seperti 4 prodi di STIKIP Huni­mua, STIKOM Ambon dengan dua prodi,” ungkap Sekretaris LLDikti Wilayah XII Ma­luku Maluku Utara, Jantje. E. Lekatom­pessy, kepada wartawan, usai dilantik secara virtual, di Kantor LLDikti Wilayah XII Maluku Maluku Utara, Rabu (30/9).

Dijelaskan, pihaknya mempunyai pe­kerjaan rumah (PR) yang besar terkait de­ngan PTS di wilayah Maluku Maluku Utara ini. “Kita punya 44 perguruan tinggi swas­ta, 17 ada Maluku Utara dan 23 ada di Maluku dan PR yang paling besar bagi kita itu karena karena baru 14 PT yang terakre­ditasi sementara kita punya 218 prodi sampai dengan tahun 2020 dan di tahun ini kita juga sudah menerima satu peruba­han sekolah tinggi yaitu Sekolah Tinggi Il­mu Komputer Ambon berubah menjadi Ins­titut Bisnis (ITB) Stikom Ambon,” ujarnya.

Kata dia, tugasnya untuk meningkat­kan mutu dan salah satu ukuran mutu yakni memperoleh akreditasi.

Dari sisi SDM juga masih kalah ka­rena memiliki 1.600 dosen tetap baik dosen tetap yayasan 158 PNS LLDikti yang ditersebar di 28 PTS.

“Kedepannya kita punya banyak ke­gia­tan, kita punya pendampingan untuk bagaimana akreditasinya lebih baik, pendampingan terhadap dosen-dosen minimal harus berkualifikasi doktor karena kualifikasi seorang dosen yang paling utama itu ada pada kualifikasi pendidikan,” tandasnya.

Terkait dengan jabatan akademik, lan­jut dia, pihaknya baru punya tiga guru be­sar sehingga kedepan sudah dimasukan dalam Renstra tahun 2020-2024 LLDikti Wi­layah XII untuk memajukan PTS yang ada di wilayah Maluku dan Maluku Utara.

Dilantik

Sebelumnya Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Ainum Na’im atas nama Menteri Dikbud, Nadiem Makarim melantik Muhmmad Bugis selaku Kepala dan Jantje. E. Lekatompessy se­laku Sekretaris LLDikti Wilayah XII Ma­luku Maluku Utara, Rabu (30/9).

Bugis dan Lekatompessy resmi dilan­tik bersama 28 pejabat lainnya pada 14 wilayah di Indonesia yang dilakukan secara virtual.

Bugis dilantik di Kampus Universitas Halmahera karena sementara melaksa­nakan tugasnya sementara Lekatom­pessy dilantik di Kantor LLDikti Wilayah XII Maluku Maluku Utara.

Ainun Na’im dalam sambutannya saat melantik para pejabat ini mengatakan, pelantikan yang dilakukan ini dalam rangka rotasi jabatan dan pelantikan kembali  pejabat lama, untuk memenuhi konsekwensi perubahan organisasi di lembaga Kemendikbud.

Ia berharap, para pejabat yang dilan­tik dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tang­gung jawab yang diberikan. “Bagi yang mendapatkan amanah, saya harap bisa berkontribusi secara optimal dalam melaksanakan tugas yang telah menjadi tanggung­jawabnya,” harap Ainun. (S-16)