AMBON, Siwalimanews – 193 warga mendatangi gerai vaksinasi yang dibuka Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada III, di Kabupaten Buru, yang dipusatkan di aula Kantor Bupati, Rabu (8/9) kemarin.

“Kalau Jumlah pendaftar sebanyak 264 orang, yang hadir 193 orang, tervaksin 168 orang dan tidak tervaksin 25 orang dengan pertimbangan kondisi kesehatan,” ungkap Komandan Guspurla Koarmada III, Laksamana Pertama TNI Retiono Kunto dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Kamis (9/9).

Dijelaskan, kegiatan serbuan vaksinasi ini, bersamaan dengan pelaksanaan operasi pengamanan perairan perbatasan wilayah timur Indonesia, yang berlangsung sejak awal Agustus 2021, dengan menggunakan kapal markas Guspurla Koarmada III, KRI Albakora-867.

Disamping itu, kegiatan serbuan vaksin kali ini juga merupakan rangkaian peringatan HUT TNI AL yang ke-76.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono untuk mendukung percepatan program vaksinasi di seluruh Indonesia,  terutama bagi masyarakat maritim yang berada di pulau-pulau terpencil  dan terluar di wilayah Indonesia timur yang masuk dalam wilayah kerja Guspurla Koarmada III. Percepatan maksudnya ialah mereka berusaha agar semakin banyak masyarakat dapat menjalani vaksinasi secara gratis dan mudah,” jelasnya.

Baca Juga: Komandan Guspurla Koarmada III Salurkan Bantuan

Pada kesempatan itu, sebanyak 325 dosis vaksin Sinovac diserahkan Komandan Guspurla Koarmada III kepada nakes Pemkab Buru untuk disuntikkan.

Bupati Buru Ramly Umasugi pada kesempatan itu menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada TNI AL, dalam hal ini Guspurla Koarmada III, yang telah berkenan hadir di Namlea, dalam rangka melaksanakan kegiatan sosial serbuan vaksin.

“Langkah yang dilakukan TNI AL tersebut ibarat sebuah orkestrasi multihelix dalam upaya melanjutkan peradaban dan menyelamatkan generasi bangsa,” ucap Bupati. (S-45)