AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kabupaten Maluku Barat Daya dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Anos Yeremias mendorong agar dilakukan perbaikan terhadap dermaga Dewelor-Dawera.

Pasalnya, sejak dermaga itu mengalami kerusakan beberapa waktu lalu, ia telah mengusulkan ke pihak-pihak terkait untuk segera melakukan proses perbaikan, agar tidak terjadi kerusakan yang semakin parah akibat cuaca ekstrim .

“Memang dermaga itu mengalami kerusakan pada tahun 2021 lalu dan saya sudah laporkan ke wilayah kerja unit pelaksana pelabuhan (UPP) Saumlaki. Saat itu disampaikan Pak Hasan akan diusulkan ke Kemenhub dalam hal ini Dirjenhubla, untuk dilakukan penanganan perbaikan,” ujar Yeremias kepada Siwalimanews, di Ambon, Sabtu (8/1).

Menurutnya, ketika dirinya mengkonfirmasi terkait dengan pengerjaan perbaikan dermaga itu, ternyata terjadi refocusing APBN, sehingga sampai saat ini belum disampaikan terkait dengan penanganan darurat atau perbaikan renovasi pelabuhan itu kapan dapat dilaksanakan.

“Jadi memang kerusakan dermaga ini sudah pernah disampaikan pak Camat Dawelor Dawera. Memang sudah lama dan ketika itu setelah disampaikan ditindaklanjuti ke pihak terkait, yakni KSOP, Dinas Perhubungan Maluku, dan juga UPP Saumlaki,” tutur Yermias.

Baca Juga: 5 Jabatan Utama dan Kapolresta Ambon Diserahterimahkan

Upaya perjuangan untuk perbaikan kata Yermias, terus dilakukan agar dermaga tersebut yang rusak karena dihantam ombak dapat segera diselesaikan.

“Apalagi, cuaca alam yang dibarengi angin kencang dan ombak tinggi dapat mengakibatkan dermaga itu rusak semakin parah, sehingga dermaga itu harus segera mendapatkan perhatikan untuk dibangun lagi, agar aktivitas bongkar muat di dermaga itu berjalan lancar,” harap Yeremias. (S-50)