AMBON, Siwalimanews – Dua jabatan Kapolres di wilayah Hukum Polda Maluku resmi berganti posisi. Mereka masing-masing AKBP Umar Wijaya yang menjabat Kapolres Kepulauan Tanimbar menggantikan AKBP Romi Agusriansyah.

Selanjutnya, AKBP Dennie Andreas Dharmawan mengantikan AKBP Bayu Tarida Buta Butar jabat Kapolres SBB.

Serah terima jabatan dilaksanakan dalam bentuk upacara yang dipimpin langsung Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif, di Rupattama Polda Maluku, Senin (7/3).

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pejabat baru dan pejabat lama yang telah menerima tanggung jawab ini,” kata Kapolda dalam sambutannya.

Serah terima jabatan, kata Kapolda, merupakan hal yang wajar sebagai suatu kebutuhan organisasi dalam pengembangan sumber daya manusia Polri

Baca Juga: IMB Menjadi PBG, Perizinan Dipangkas

“Perlu saya ingatkan bahwa tantangan tugas polri ke depan akan sangat berat dan kompleks untuk itu polri dituntut harus mampu mencermati dan menyikapi setiap perubahan yang terjadi baik dalam lingkungan lokal, nasional maupun global,” sebutnya.

Beberapa dinamika tugas, lanjut Kapolda, masih akan menjadi prioritas ke depan, seperti pandemi covid-19, permasalahan eksploitasi sumber daya alam, konflik sosial, peredaran narkotika, terorisme dan penyebaran paham radikal serta bencana alam. Dinamika ini, akan selalu menuntut peran maksimal Polri.

Kepada pejabat yang telah dipromosikan dan mendapat kepercayaan, Kapolda Maluku kembali mengingatkan bahwa jabatan merupakan amanah yang harus dipertanggung jawabkan. Sebab, jabatan yang diemban saat ini diberikan melalui berbagai pertimbangan.

Penjabat lama dan baru dianggap memiliki integritas yang tinggi, cakap serta mampu untuk menduduki jabatan tersebut.

“Saya berharap saudara-saudara segera beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru untuk memberikan masukan, dorongan dan inovasi-inovasi yang saudara miliki sebagai sumbangsih bagi kesatuan bangsa dan negara tercinta,” pintanya.

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur ini mengingatkan, bahwa dalam Rapat Pimpinan TNI Polri, Presiden menyampaikan bahwa TNI Polri dituntut untuk disiplin dan tegak lurus.

“Kapolri menyampaikan bagi yang baik diberikan reward, bagi yang bekerja tidak dengan baik, atau bahkan melakukan pelanggaran akan diberikan punishment atau hukuman,” ingatnya.

Untuk diketahui, Kapolres Kepu­lauan Tanimbar sebelumnya dijabat AKBP Romi Agusriansyah, kini resmi diganti oleh AKBP Umar Wi­jaya, yang dulunya menjabat seba­gai Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Maluku. Romi sendiri diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabag­binkar Rosdm Polda Maluku.

Sementara Kapolres SBB kini dijabat oleh AKBP Dennie Andreas Dharmawan yang sebelumnya men­ja­bat Koorspripim Polda Maluku. Ia menggantikan AKBP Bayu Tarida Butar Butar, yang diangkat dalam jabatan baru sebagai Wadirintelkam Polda Maluku. (S-10).