AMBON, Siwalimanews ALAM Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards Tahun 2020 kembali digelar setelah menga­lami penundaan bebe­rapa waktu yang lalu. Bertempat di La­buan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provisi NTT,  Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, di­dam­pingi Sekre­taris Daerah Ka­bupa­ten MBD, A. Sia­mi­loy dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupa­ten MBD, L. S. Leha serta Pejabat Kepala De­sa Welora, Markus Lai­mera meng­hadiri acara tersebut, Kamis (20/5).

Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya memba­ngkitkan apresiasi masyarakat terha­dap pariwisata Indonesia.

API juga bertujuan untuk men­dorong peran serta berbagai pihak baik masyarakat, pihak industri/swasta, Pemerintah Daerah  da­lam mempro­mosikan pariwisata serta mengem­bangkan ekonomi kreatif secara lang­sung, nyata dan masif di masing-masing daerah.

Pada ajang API ke-5 Tahun 2020, Desa Welora, Kecamatan Dawelor Dawera Kabupaten MBD masuk dalam nominasi 3 besar pada kategori Destinasi Baru Terpopuler dan meraih juara I dengan per­olehan suara sebesar 39%, Juara ke-2 diraih oleh Pulau Semau dari Ka­bupaten Kupang dengan perole­han suara sebesar 28% dan juara ke-3 diraih oleh Pasir Timbul, Bone Lam­buta dari Kabupaten Buton Tengah.

Bupati Maluku Barat Daya, Be­nyamin Th. Noach, dalam ketera­ngannya menyebutkan bahwa penghargaan yang diterima hari ini merupakan kerja keras dari mas­yarakat Desa Welora dan masya­akat MBD secara umum.

Baca Juga: Bupati Hadiri Pembukaan Sidang ke-42 Klasis PP Kisar  

“Penghargaan ini adalah hasil kerja keras mayarakat Welora se­cara khusus dan masyarakat MBD secara umum. Pemerintah Daerah MBD hanya mem­bantu meng­usulkan ke pihak penye­lenggara API 2020. Penghargaan ini diper­sembahkan kepada masyarakat MBD. Kedepan Pe­merintah Dae­rah akan meng­alokasi anggaran untuk pemba­ngunan di Welora,” kata Bupati.

Dikatakan, Kabupaten MBD ba­nyak memiliki potensi  wisata baik wisata laut, pantai maupun produk pe­nunjang lainnya. Oleh karena itu melalui peng­hargaan ini, Pemerin­tah Daerah akan fokus mengem­bangkan sektor pariwi­sata menjadi salah satu sektor unggulan daerah.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besar­nya untuk duku­ngan yang diberi­kan sehingga Welora ditetapkan sebagai Juara I Destinasi Baru Terpopuler kepada seluruh mas­yarakat Indonesia, Maluku dan terlebih khusus masyarakat Maluku Barat Daya,” ujarnya. (S-16)