AMBON, Siwalimanews – Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler melantik 13 anggota Dewan Kota masa bakti 2020-2024 yang dipusatkan di Unit Layanan Administrasi Balai Kota Ambon, Kamis (14/5) dihadiri Walikota, Richard Louhenapessy dan Sekot Anthony G Latuheru.

Pelantikan 13 anggota Dewan Pendidikan Kota Ambon yang diketuai, Benyamin Kainama, Wakil Ketua Abidin Wakano, Sekretaris Sameaputty Marcus, Wakil Sekretaris Jantje Mahulette, Bendahara Magdalena Mual dan dibantu sejumlah anggota itu dilakukan berdasarkan, SK Walikota Nomor 221/2020

Hadler mengungkapkan, pe-lantikan 13 Dewan Pendidikan Kota Ambon ini sesuai dengan UU yang dijabarkan dalam Kepres 17, dengan fungsinya untuk memberikan perimbangan, arahan dan mengawasi jalannya pendidikan.

“Seperti yang diamanatkan oleh UU yang kemudian di jabar-kan dalam Kepres 17 dengan fungsinya itu adalah memberikan pertimbangan, arahan, dan mengawasi jalannya pendidikan di Kota Ambon,” katanya.

Menurutnya, dewan  ini bersifat independen serta dalam melakukan tugasnya tidak di intervensi oleh pejabat yang beroperasi di lingkup Pemkot.

Baca Juga: Tak Lapor LHKPN, Pejabat Terancam Sanksi

Wawali berharap, ke-13 dewan pendidikan yang telah dilantik tersebut, dapat langsung melaksanakan tugasnya, agar dapat meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Kota Ambon lebih dari sebelumnya.

“Dewan ini independen kalau tidak salah tugasnya tidak boleh diintervensi oleh siapapun termasuk pejabat yang beroperasi di lingkup pemerintahan kota, karena itu dia benar-benar indpenden dalam melaksanakan tugasnya. Kita berharap setelah dilantik dewan pendidikan Kota Ambon yang selama ini masih kurang kita berupaya untuk melengkapi dan menyempurnakan sistem pendidikan di Kota Ambon,” tuturnya.

Ia berharap, dengan dilantiknya dewan pendidikan bisa melaksanakan fungsi memberikan pertimbangan, arahan, pengawasan yang baik terhadap pendidikan. (Mg-6)