AMBON, Siwalimanews – Meskipun tak lagi menjabat sebagai Ketua DPRD Provin­si Maluku, namun semangat Lucky Wattimury untuk mem­besarkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di Maluku dan kota Ambon masih terus menggelora.

Hal ini terbukti dengan sikap Wattimury yang terus menyemangati kader DPC PDIP Kota Ambon, untuk tetap merebut kemenangan dalam pemilihan umum baik legislatif, presiden maupun Walikota Ambon.

Wattimury mengatakan, di momen 50  tahun emas, Ketua Umum PDIP Megawati Soe­karnoputri secara tegas me­ngeluarkan tujuh perintah partai diantaranya, pertama, memerintahkan kader PDIP agar memperkokoh Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara.

Kedua, meminta kader untuk menggenggam tangan per­satuan dengan rakyat dan men­jadikan partai sebagai kekuatan pemersatu bangsa.

Ketiga, menginstruksikan kader agar jiwa gotong royong terus digelorakan demi menghapus paham individualism. Keempat, kader PDIP diminta menyalakan semangat api perjuangan dalam seluruh aspek kehidupan.

Baca Juga: KPU Keluhkan Masalah Internet Jelang Pemilu 2024

Kelima, meminta kader untuk mewujudkan semangat perjuangan partai menjadi satu kekuatan yang solid dengan terus bergerak ke bawah. Keenam, menginstruksikan kader partai untuk menghadirkan program konkret di tengah rakyat.

Hal ini dilakukan melalui gerak kebudayaan membangun jati diri bangsa, gerakan mencerdaskan kehidupan bangsa, dan gerakan meningkatkan taraf kehidupan rakyat.

Ketujuh, memerintahkan kader agar melanjutkan langkah rekruit­men, pendidikan politik, dan kade­risasi kepemimpinan secara sistemik. Bahkan, Mega turut meminta kader memperkuat 5 mantap partai, yakni mantap ideologi, organisasi, kader, program, dan sumber daya partai.

Dikatakan, ketujuh perintah ketua umum itu harus diikuti dengan langkah konkrit oleh semua struktur partai termasuk memperkuat koor­dinasi dan kolaborasi.

Untuk memenangkan pertarungan politik ditahun 2024, maka tidak ada pilihan lain bagi kader selain memperkokoh konsolidasi ditingkat ranting, PAC, DPC dan DPD sebab tanpa konsolidasi yang kuat maka kemenangan akan sulit didapatkan.

“HUT 50 Tahun ini harus jadi momentum konsilidasi kekuatan kalau tidak maka, pasti kita akan kalah, sebab yang harus kita lakukan adalah menarik suara. Partai butuh suara untuk mendapatkan kekuatan di pemerintahan,” tegas Wattimury.

Menurutnya, bila dilihat dari waktu yang tersedia maka telah mendekati perhelatan pemilihan legislatif pada 14 Februari, artinya ranting dan PAC sudah harus bergerak turun dan melakukan koordinasi.

“DPC Kota Ambon harus kembalikan dua kursi ke DPRD Provinsi Maluku, maka waktu yang sangat singkat ini harus digunakan untuk mempersiapkan diri,” ujar mantan ketua DPRD Provinsi Maluku ini.

Wattimury optimis, dengan konsolidasi yang matang akan menjadi kekuatan besar bagi partai untuk memenangkan pemilu ketiga kalinya secara berturut-turut.(S-20)