AMBON, Siwalimanews – Ketua DPRD Provinsi Maluku, Lucky Wattimury mengatakan, Presiden Joko Widodo memberikan perhatian penuh untuk lumbung ikan nasional di Maluku.

“Presiden memberikan perhatian untuk LIN di Provinsi bagi pelaksanaan pembangunan pusat pengembangan kawasan perikanan terpadu di Provinsi Maluku,” ungkap Wattimury, kepada Siwalima, di Gedung Baileo Karang Panjang, kemarin.

Ia mengaku, hal ini sudah ditegaskan Presiden RI, Joko Widodo kepada para menteri, supaya program LIN sudah harus selesai tahun 2023.

“Itu berarti ada perhatian yang sangat serius terhadap Maluku yang dijadikan lumbung ikan nasional dari pemerintah pusat dan ini langsung dari bpk presiden maka pemerintah dan masyarakat Maluku sudah harus siap untuk menyambut kehadiran LIN dengan segala macam program yang sudah disampaikan itu,” kata Wattimury.

Kata dia, karena pembangunan kawasan terpadu termasuk didalamnya itu Ambon New Port, maka akan membutuhkan anggaran Rp 5 hingga 6 triliun dan oleh karena itu mesti siap untuk berproses bersama dalam rencana pembangunan kawasan terpadu perikanan Maluku.

Baca Juga: Komisi IV Minta Kemendikbud Turunkan Passing Grade

“Ini suatu yang luar biasa untuk kita, untuk itu baiklah kita memanfaatkan yang sudah diberikan,” katanya.

Dirinya meminta, para nelayan dan anak-anak muda untuk berproses bersama mempersiapkan diri untuk menyambut program yang telah ditetapkan oleh presiden dan dimana tahun 2023 itu sudah bisa beroperasi.

“Baik tenaga kerjaannya, peningkatan kapasitas nelayan, mentalitas wirausahanya, etos kerjanya. Mari kita membangun bersama karena ini kesempatan yang baik,” pinta politisi PDI Perjuangan ini.

Ia berharap masyarakat Maluku dapat mendukung pelaksanaan programmnya. “OPD terkait juga ikut mendukung pelaksanaan kegiatan ini,” ujarnya. (S-51)