AMBON, Siwalimanews – Ketua DPRD Provinsi Maluku Lucky Wattimury, mengingatkan seluruh organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Maluku untuk lebih terbuka kepada publik, dalam setiap agenda pemerintahan.

Permintaan ini disampaikan Wattimury kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Jumat (30/10) menanggapi penghargaan yang diterima Pemerintah Provinsi Maluku, terkait dengan keterbukaan informasi yang diserahkan langsung Wakil Presiden RI, Ma’aruf Amin beberapa waktu lalu.

Menurutnya, dalam beberapa hari terakhir Pemerintah Provinsi Maluku menerima penghargaan dari wakil presiden terkait dengan keterbukaan informasi dan penghargaan kedua dari Menteri Perdagangan tentang perlindungan konsumen.

Kedua penghargaan ini, menunjukkan bahwa pemprov telah melaksanakan agenda pemerintahan secara tersistem dan terbuka dalam berbagai hal, artinya infomasi kepada publik itu harus selalu diberikan oleh pemprov.

“Saya berharap sangat OPD terkait agar lebih proaktif melakukan perencanaan dan memberikan informasi kepada publik tentang apa yang direncanakan,” ujarnya.

Baca Juga: Peringati Maulid Nabi, Ini Pesan Pangdam Pattimura

Untuk itu kata Wattimury, setiap OPD harus lebih proaktif, baik pada tahapan perencanaan sampai dengan tahapan pelaksanaan harus disampaikan kepada masyarakat, agar seluruh hak-hak masyarakat dapat tetap terjamin dengan adanya keterbukaan informasi publik tersebut.

“Saya memberikan apresiasi kepada pemprov karena tahap demi tahap diakui oleh pemerintah pusat dan mudah-mudahan kegiatan besar seperti Ambon New Port, LIN dan blok Masela dapat secepatnya direalisasikan, sehingga masyarakat dapat memperoleh manfaat bagi kehidupan,” harapnya. (S-50)