ANGGOTA Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Ambon, resmi dilantik di Balai Kota, Rabu (4/1).

Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena dalam sambutannya meminta agar PPK selalu menjaga integritas dalam melaksanakan tugasnya.

‘Saya minta PPK selalu menjaga integritas dalam melaksanakan tugasnya dengan baik dan selalu bangun sinergi dengan pemerintah dan didukung oleh TNI-Polri, pers dan ormas-ormas,” kata Walikota.

Dikatakan, guna mewujudkan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah di tahun 2024 penyelenggara dan pengawas pemilu harus sinergi bersama dengan pemerintah termasuk Kota Ambon.

“Didalam Pemilu 2024 nanti, PPK yang merupakan salah satu unsur penyelenggaraan baik pemilihan presiden dan wakil presiden maupun pemilihan kepala daerah yang bekerja secara langsung dilapangan sehingga integritas harus benar-benar dijaga,” ujarnya.

Baca Juga: Walikota Pastikan Sisa Hutang Pemkot Diselesaikan Tahun Ini

Walikota juga meminta, agar anggota PPK harus mampu bersikap proaktif dalam melaksanakan pemilu maupun pilkada nanti, sehingga semua dapat berjalan lancar, baik dan aman.

Tugas pokok dan fungsi PPK, lanjutnya, sangatlah strategis, mulai dari tahapan perencanaan sampai dengan proses evaluasi keberadaan PPK, itu sangat menentukan.

Lanjutnya PPK harus dapat melaksanakan koordinasi dengan PPS dan KPPS sebagai implementor ditingkat di desa negeri dan kelurahan.

“Saya minta selalu saling berkoordinasi, baik internal, vertikal maupun horizontal, agar tahapan yang telah direncanakan dalam penyelenggaraan, dapat berjalan baik,” pesanya.

Ketua KPU Kota Ambon, Muhammad Shaddek Fuad menambahkan PPK yang baru dilantik sejatinya dapat  menjalankan tugas nanti.

“Selaku perpanjang tangan dari KPU Kota, dari pusat hingga daerah, maka bapak-ibu juga adalah penyelengara Pemilu.

“Oleh karena itu, dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab, intens untuk selalu berkoordinasi dan tetap menjaga sinergis dan kordinatif dengan seluruh perangkat pemerintah, termasuk TNI-Polri,” pintanya. (S-25)