AMBON, Siwalimanews – Pasca dilantik oleh gubernur, Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena langsung melakukan pemantauan terhadap pembersihan tumpukan sampah yang berserakan di terminal dan Pasar Mardika, Rabu (25/5).

Watimena kepada wartawan di Mardika mengaku, setelah mendapatkan aduan dari salah satu pedang, maka pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan sekot untuk melakukan peninjauan terhadap permasalahan sampah di Pasar mardika.

“Tadi kita koordinasi untuk melakukan peninjauan, sekaligus menyelesaikan persoalan penumpukan sampah di lokasi Pasar Mardika, dan kita bersyukur ada dukungan positif dari Asosiasi Pedagang Pasar Mardika yang mau membantu pemkot untuk bersama-sama membenahi persoalan sampah di Kota Ambon,” ujar Wattimena.

Permasalahan sampah kata Wattimena, menjadi salah satu prioritas utama dalam kepemimpinan di Kota Ambon kedepan, yaitu meminimalisir dan menyelesaikan masalah sampah yang tentunya akan dilakukan dengan sumber daya yang dimiliki pemkot.

Wattimena mengaku, permasalahan sampah selama ini terjadi karena armada pengangkut sampah yang dimiliki pemkot masih kurang, akan tetapi persoalan ini harus dituntaskan dengan mengatur kembali jalur mobil pengangkut sampah.

Baca Juga: Satu Nelayan Malteng Hilang Saat Melaut

Kendati begitu, Wattimena mengharapkan adanya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah, sebab apapun program dan kebijakan yang diambil pemkot dalam mengatasi masalah sampah, tetapi jika tidak didukung, maka semuanya sia-sia.

“Yang paling penting membangun kesadaran masyarakat, artinya pemkot mau membuat apapun programnya kalau tidak didukung oleh masyarakat akan percuma, maka bersama Asosiasi Pedagang Pasar Mardika mudah-mudahan dapat diatasi,” tandas Wattimena.

Sekretaris DPRD Maluku ini menambahkan, kebijakan membersihkan sampah harus terus dilakukan, sebab jika dilakukan pembersihan hari ini dan besok terulang lagi, maka sesungguhnya pemkot sedang melakukan pencitraan. (S-20)