NAMLEA, Siwalimanews – Ketua Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) TMMD yang juga pernah menjabat Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq, menyapa kelompok Tani Wailoho, di Desa Waeperang, Kecamatan Liliyali, Kabupaten Buru dan bersama para petani menanam benih jagung pulut.

Wartawan Siwalima melaporkan, mantan Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen Marga Taufik ini menyapa petani dan menanam jagung pulut bersama para petani saat ia tiba Rabu pagi (30/9).

Kelompok Tani Wailoho Desa Waeperang ini binaan Koramil 1506-01/Namlea, karena itu pada sela kunjungannya dalam rangka pengawasan dan evaluasi TMMD, Marga Taufik dan rombongan menyempatkan waktu bertemu mereka.

Selama masa pandemi Covid 19 di Kabupaten Buru, petani binaan TNI AD ini juga menjadi andalan. Areal pertanian yang mereka garap menjadi salah satu lokasi ketahanan pangan .

Saat tiba di lokasi pertanian kelompok tani Wailoho, rombongan Mayjen Marga Taufik diterima Danramil 1506-01/Namlea, Kapten Inf. Arfan Waiulung dan Kades Waeperang, Asnawi Ang.

Baca Juga: Masyarakat Diminta Taati Protokol Kesehatan

Marga Taufik yang turut didampingi sejumlah pamen kodam dan juga Dandim Letkol Arh Agus Guwandi, lalu diajak menabur benih jagung di lahan tanah yang telah digemburkan.

Usai melakukan penanaman benih jagung, Mayjen Marga Taufik  menyempatkan waktu berbincang ringan dengan petani binaan.

Kepada kelompok tani, Marga Taufik menyarankan agar mereka melakukan tanam pajalele, padi, jagung, dan kedele.

Marga Taufik menanyakan hasil panen petani dan juga daerah pemasarannya.

Menanggapi pertanyaan itu, beberapa perwakilan petani mengaku tidak mengalami kesulitan dalam pemasaran. Dari sekian petani ini ada beberapa yang ulet dapat menanam jagung pulut sampai empat kali dalam setahun. Jelang siang, rombongan Mayjen Marga Taufik meninggalkan lokasi ketahanan pangan koramil 1506-01/namlea menuju kelokasi TMD. (S-31)