AMBON, Siwalimanews – Warisan hutang ratusan miliar ke pihak ketiga dijaman eks Walikota Richard Louhenapessy, perlahan mulai dicicil oleh Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena.

Pemkot berkewajiban membayar utang pihak ketiga tahun 2021 sebesar sebesar Rp103 miliar. Se­besar Rp77 sudah diselesaikan dan tersisa Rp26 miliar juga diselesaikan.

Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena kepada wartawan mengaku, pihaknya telah melunasi semua hutang pihak ketiga yang selama ini ditunggak oleh Pemkot Ambon.

“Jadi hutang pihak ke tiga sudah dilunasi, tapi data resminya akan saya sampaikan dipenghujung tahun nanti,” jelas walikota.

Ia mengaku  terkait dengan hutang ini sendiri akan dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas dirinya sebagai penjabat walikota. “Ini sekalian sebagai bagian dari evaluasi terhadap pelaksana tugas saya selaku penjabat sampai Desember. Tanggal 24, genap sudah 7 bulan menjabat,” urai walikota.

Baca Juga: Pemkot Kembali Raih Penghargaan

Dengan begitu juga lanjut walikota, pihaknya mengevaluasi pencapaian 11 kebijakan prioritas yang diluncurkannya saat menjabat.

Janji Lunasi

Diberitakan sebelumnya, Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena memastikan semua hutang pemkot pada pihak ketiga akan diselesaikan dalam tahun ini.

Pasalnya pemkot telah menyiapkan anggaran untuk membayar hutang pihak ketiga dalam APBD Perubahan tahun anggaran 2022.

“Usai penetapan APBD Perubahan, seluruh hutang pihak ketiga akan diselesaikan, kita upayakan tahun ini diselesaikan, kita akan berupa meski banyak PR yang harus dikerjakan oleh pemerintah,” kata walikota kepada wartawan usai paripurna penandatanganan nota kesepakatan terhadap Rancangan KUA-PPAS Perubahan APBD Kota Ambon di baileo rakyat Belakang Soya, Rabu (12/10)

Meski nanti masih tersisa, kata walikota tentu jumlahnya tidak banyak lagi dan akan diselesaikan.

Disinggung terkait dengan program-progam pemerintah lainnya yang tidak sempat berjalan di tahun 2022 akibat refocusing, walikota mengaku program tertunda akan dijalankan namun tetap disesuaikan dengan ketersediaan anggaran nantinya.

“Nanti kita akan sesuaikan dengan anggaran yang ada, akan kita lakukan setelah penetapan APBD Perubahan nantinya,” tandasnya. (S-25)