BULA, Siwalimanews – Ribuan warga di Kecamatan Teluk Waru menyatakan dukungan penuh kepada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas dan Idris Rumalutur.

Warga yakin pasangan de­ngan akronim ADIL ini, akan menang dalam pilkada pada 9 Desember menda­tang.

Dukungan terhadap pasa­ngan ADIL ditunjukan ri­buan warga saat hadir dalam kampanye di Dusun Kara­watu, Kamis (3/12) pukul 18.00 WIT.

Mereka punya alasan men­dasar untuk mendu­kung pasangan ADIL, yaitu sejak Abdul Mukti Keliobas memimpin SBT, ia telah membangun jalan dari Bula hingga ke Air Nanang. Selain itu, akses telepon dan internet sudah bisa dimanfaatkan warga dengan baik.

Juru kampanye pasangan ADIL, Ismail Rumbalifar dalam orasi poli­tiknya mengatakan, sebelum Abdul Mukti Keiobas memimpin daerah ini, akses ke Teluk Waru masih sangat sulit, lantaran pada saat itu belum ada jalan. Sehingga untuk menjang­kau Teluk Waru harus mengguna­kan rakit. Namun saat ini, warga su­dah bisa menikmati jalan, sehingga sangat mudah untuk menjangkau Teluk Waru, dan ini yang memu­dah­kan urusan di ibu kota kabupaten.

Baca Juga: Noach Paparkan Misinya Melayani Masyarakat MBD

Selain itu, jaringan telepon dan internet belum tersedia pada saat pemerintahan Abdullah Vanath. Namun ketika Abdul Mukti Keliobas memimpin, telepon dan internet sudah bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Upaya untuk memudahkan ak­ses jalan maupun pembangunan tower jaringan telepon dan internet, juga telah dilakukan secara merata di Kabupaten SBT,” tandas Ismail.

Karena itu, kata Ismail, jika ada paslon lain yang menyatakan peme­rintahan Mukti gagal, maka harus dipertanyakan penilaian itu bersan­dar dari aspek yang mana.

Sementara Agil Rumakat dalam prasi politiknya mengatakan, nanti­nya ada banyak kejahatan yang di­lakukan paslon lain untuk mengha­dang pasangan ADIL. Sebab, mereka mengetahui pasti bahwa Jou Mukti Keliobas akan menang dengan per­olehan suara yang signifikan.

“Para pendukung paslon ADIL untuk selalu waspadai terhadap ke­jahatan paslon lain, periksa nama-nama di DPT. Jangan sampai unda­ngan untuk pencoblosan tidak se­suai. Jangan menyerah dan harus per­gi menggunakan hak suara,” tandas Agil.

Agil juga  meminta kepada tim maupun relawan ADIL  untuk selalu mengawasi tim sukses paslon lain saat pencoblosan.

“Karena sudah ada isu sebe­lum­nya bahwa presiden sampai dengan penyelenggara milik paslon FA­HAM,” ujarnya.

Calon Bupati Abdul Mukti Kelio­bas dalam orasinya menegaskan, jika ada yang menyampaikan peme­rintahan yang dipimpinnya gagal maka sampaikan kepada mereka bahwa kegagalan itu dimana.

“Perlu diketahui pemerintahan saat ini telah berhasil meningkatkan jaringan telepon dengan memba­ngun 49 tiang tower. Dan progres pemerintahan saat ini, telah disam­pai­kan pada saat berkampanye di be­berapa wilayah di SBT,” tandas Mukti.

Dari sisi Indeks Pembangunan Manusia, kata Mukti,.pemerintahan saat ini melaju mencapai 62 persen, dan terjadi penurunan angka peng­angguran yang saat ini melaju di Maluku.

Pendapatan rata-rata penduduk atau disebut dengan PDRB perkapita mulai dari tahun 2014 ke tahun 2018 semakin melaju dengan angka saat ini mencapai 10,17 persen, diban­dingkan lima tahun lalu.

Selain itu, Indek Pembangunan Desa ( IPD) dalam lima tahun terakhir, rata-rata 40,80 poin di tahun 2014 dan memngalami kenaikan menjadi 47,23 poin.

“Artinya setiap dimensi dalam IPD itu mengalami peningkatan dari sisi pelayanan dasar, infrastruktur, aksesibilitas transportasi, layanan umum dan penyelenggaraan peme­rin­tahan,” papar Mukti.

Sementara akses jalan, telah dilakukan pembangunan mulai dari peningkatan jalan Bula-Werinama, Bula-Air Nanang, pembangunan jalan Kesui, Teor, Amarsekaru dan jalan lintas Pulau Gorom.

Mukti juga menyampaikan, keber­hasilan dalam progres pemerintahan saat ini yakni telah memperoleh predikat Wajar Dengan Pengecua­lian (WDP) dalam laporan keuangan dan dalam upaya untuk memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecua­lianpun ( WTP ).

Untuk diketahui, sebelum calon Bupati Abdul Mukti Keliobas ber­sama tim pemenang dan partai pendukung berkampanye di Teluk Waru, ia mengunjungi semua posko pemenangan mulai dari Seram Timur sampai dengan Teluk Waru.

Tekad Warga Seram Timur Raya

Sebelumnya ribuan warga dari sejumlah negeri di Seram Bagian Timur, juga bertekad memenangkan Abdul Mukti Keliobas dan Idris Rumalutur, pada Pilkada yang digelar 9 Desember nanti.

Komitmen itu disampaikan oleh warga yang menamakan diri sebagai Warga Seram Timur Raya. Mereka mempunyai keinginan kuat agar ada keterwakilan dari anak negeri adat di pemerintahan SBT.

“Ini periode terakhir Pak Mukti, jadi kami sudah berkomitmen untuk menangkan paslon ADIL di Seram Timur Raya, agar kesempatan se­lanjutnya setelah pemerintahan ADIL, maka Seram Timur Raya akan dapat peluang untuk calon bupati mendatang,” teriak warga pada setiap kampanye paslon ADIL yang digelar di Geser, Urung, Ainena, Guli-Guli dan Bugisinis, Selasa (1/12) siang hingga malam hari.

Dalam orasi di setiap negeri, calon bupati yang oleh warganya selalu disapa Jou Mukti, berjanji akan mempersiapkan tokoh Seram Timur Raya, sebagai penggantinya nanti.

Di setiap kesempatan, bupati petahana ini juga meyakinkan warga bahwa dia datang berkampanye dengan hati yang bersih dan tekad kuat untuk mensejahterakan warga SBT.

“Untuk itu saya minta para pen­dukung saya untuk memilih dengan hati yang bersih dan jaga hubungan silaturahmi antar sesama warga SBT,” ujar Mukti.

Mantan Ketua Golkar SBT ini  meyakini kemenangan akan meng­hampirinya dengan upaya dan usaha yang selama ini dilaksanakan ber­sama tim pemenang, tim pendukung, simpatisan, relawan dan parpol pengusung dan pendukung.

Mukti juga membeberkan program prioritasnya jika terpilih nanti diantaranya, birokrasi yang bersih dan murni dengan konsep satu OPD satu inovasi, serta memangkas biro­krasi yang malas, masa bodoh dan apatis agar bisa diterima semua orang.

“Selain itu saya juga akan mening­katan mutu pendidikan dengan pela­yanan publik yang efektif. Mening­katkan pelayanan kesehatan terha­dap masyarakat SBT baik dari tena­ga medis maupun peningkatan infra­struktur rumah sakit sampai di ting­kat puskesmas pembantu,” janjinya.

Di sisi lain, untuk menggenjot pendapatan asli daerah, dia berjanji akan lebih fokus pada sektor peri­kanan, karena SBT miliki laut yang lebih luas dengan potensi laut yang memadai dibandingkan dengan kawasan di daratan. (S-47)