NAMLEA, Siwalimanews –  Kapolsek  Waesama Ipda Dede Samsi Rifai, menghimbau seluruh masyarakat di daerah itu agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem yang saat ini sementara melanda sebagian besar daerah di Maluku termasuk di Buru Selatan.

Pasalnya, cuaca ekstrem saat ini seperti hujan lebat dapat mengakibatkan banjir dan tanah longsor, selain itu juga masyarakat ditepi pantai juga diminta waspada sebab terjadi  gelombang laut yang tidak bersahabat.

Bukan hanya menghimbau masyarakat, namun Kapolsek juga langsung memantau kondisi sejumlah sungai di beberapa titik di kecamatan tersebut, yang sering meluap saat hujan lebat yang bisa membahayakan warga akibat memaksakan diri melewati sungai.

“Selama musim hujan ini, dampak bencana alam seperti banjir, tanah, longsor dan pohon tumbang kerap terjadi didaerah ini, olehnya itu masyarakat Waesama dan sekitarnya harus tetap waspada,” pintanya.

Ia juga mengimbau kepada pada nelayan didaerah itu, untuk tak memaksakan diri turun melaut saat kondisi gelombang laut yang tidak bersahabat, sebab bisa berdampak buruk bagi keselamatan saat melaut.

Baca Juga: 50 Juta Penduduk Ditargetkan Terliterasi Digital

“Kemarin sesuai informasi dari BMKG lewat rilisnya menyampaikan kepada masyarakat untuk selalu mewaspadai potensi cuaca ekstrem akibat hujan lebat. Hujan diprakirakan disertai kilat atau petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di Maluku, olehnya itu kita tetap wasapada,” himbaunya. (S-31)