AMBON, Siwalimanews – Tokoh masyarakat Siri Sori Amalatu, Robby Tutuhatunewa men­desak polisi segera me­nangkap pelaku penembakan Jacub Tutuhatunewa, warga Siri Sori Amalatu, Kecamatan Sapa­rua Timur, Kabupaten Malteng yang tewas Minggu (18/4).

Pria 65 tahun itu mengalami nasib naas ditembak orang tak dikenal (OTK) sekitar pukul 12.00 WIT di Dusun Asino, pe­tuanan Siri Sori Amalatu. Politisi PDI-P ini mendesak polisi segera menangkap pelaku, lantaran tiga bulan lamanya sejak peristiwa itu terjadi polisi belum mampu me­nangkapnya.

“Tiga bulan sejak orang tua kami itu ditembak OTK, polisi belum mam­pu menangkap pelaku. Sapa­rua itu kecil dibandingkan Pulau Jawa. Di Pulau Jawa saja seketika pelaku langsung ditangkap, tapi di Saparua, peristiwa ini sudah ber­ulang-ulang, polisi tidak mampu menangkapnya,” sesal Robby.

Menurutnya, ketidakmampuan polisi menangkap pelaku akan menjadi preseden buruk, lantaran masyarakat tidak lagi percaya dengan polisi. Kepada siapa lagi masyarakat harus melaporkan kasus-kasus kejahatan kalau bukan polisi.

Olehnya, ia meminta Polresta Pu­lau Ambon dan Pulau-pulau Lease untuk segera menangkap pe­laku penembakan Jacub Tutu­ha­tunewa.

Baca Juga: Jaksa Garap Dugaan Korupsi DD-ADD Sehati

Belum Tangkap

Hingga saat ini polisi belum juga mampu menangkap pelaku pe­nem­bakan Jacub Tutuhatunewa, warga Siri Sori Amalatu, Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Mal­teng.

Polisi beralasan sudah mem­ben­­tuk tim untuk mengusut kasus tersebut. Tim yang dibentuk ber­asal dari personil Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Brimob Polda Maluku dan Polsek Saparua.

“Pasca kejadian, Kapolresta me­ngirim personil Polresta dibantu Brimob Polda Maluku ke Saparua untuk memback up Polsek Sa­parua dalam menjaga situasi serta melakukan penyelidikan kasus,” jelas Kasubbag Humas Polresta Ambon, Ipda Izack Leatemia yang dikonfirmasi Siwalima Senin (19/4).

Dikatakan, identitas pelaku hi­ngga kini masih dalam penyeli­dikan. Polisi masih terus memburu penembak misterius tersebut.

Tewas di Tempat

Sebelumnya diberitakan, Jacub Tutuhatunewa, warga Siri Sori Ama­latu, Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Malteng, tewas seketika usai ditembak orang tak dikenal Minggu (18/4).

Pria 65 tahun itu mengalami nasib naas sekitar pukul 12.00 WIT di Dusun Asino, masih di petuanan Siri Sori Amalatu.

Informasi yang dihimpun Siwa­lima dari Siri Sori menyebutkan, usai ibadah minggu, korban Jacub bergegas ke Dusun Asino untuk mengambil hasil kebun. Korban sendirian ke hutan.

Tak berselang lama, tiba-tiba ter­dengar rentetan tembakan senjata api yang diduga berasal dari hutan Asino.

Menurut salah satu warga yang enggan namanya dikorankan, Du­sun Asino kerap terjadi penemba­kan misterius oleh orang tak dike­nal. Penasaran, warga yang terdiri dari kaum lelaki kemudian ber­nisiatif menuju tempat kejadin perkara, karena mengetahui sedang ke Dusun Asino untuk mengambil hasil kebun.

Dugaan warga ternyata benar, setibanya di tempat kejadian per­kara, korban ditemukan tergeletak bersimbah darah. Leher korban menjadi sasaran penembakan. Proyektil yang masuk ke bagian leher korban sudah membentuk lubang yang menganga.

Tidak mau membuang waktu, kaum lelaki yang terdiri dari pe­muda di negeri tersebut langsung membopong korban untuk dibawa ke rumahnya di Negeri Siri Sori Amalatu.

Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Kombes Leo Surya Nugraha Simatupang ke­pada Siwalima Minggu (18/4) membenarkan peristiwa tersebut.

Menurut dia, pihaknya semen­tara memburu pelaku penem­bakan. “Kasus ini masih diselidiki, angota kami masih memburu pelaku penembakan,” ujarnya singkat.

Meski begitu, Kapolresta meng­aku kalau dalam menyelidiki ka­sus ini personil Polsek Saparua diback up personil dari Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease. “Pelaku masih diburu, personil polresta back up yang di Polsek Saparua. Jadi kita masih penyelidikan,” kata Kapol­resta. (S-45)