AMBON, Siwalimanews – Sekretaris Kota Ambon, A.G Latuheru mengaku kesadaran masyarakat pada masa PSBB transisi ini sudah mulai meningkat terutama menggunakan masker.

Menurutnya, ketika melakukan operasi yustisia banyak masayarakat yang sudah mulai sadar menggunakan masker dan menjalankan protokol kesehatan.

“Tadi kita sudah coba masuk ke pasar, ternyata penindakan juga ada di pasar. Dari laporan sementara, masyarakat baik itu penjual maupun pembeli di pasar sudah makin baik menggunakan masker,” katanya.

Olehnya Latuheru berharap bukan hanya pedagang yang sadar akan penggunaan masker dan sejumlah protokol kesehatan, namun para pembeli juga dapat menyadari pentingnya penggunaan masker.

Denda Operasi Yustisia ke Kas Daerah

Baca Juga: Tes SKB Dilaksanakan Sesuai Protab Kesehatan

Uang dari denda operasi yustisia yang sementara dilakukan oleh Pemerintah Kota Ambon dalam hal ini petugas gugus tugas percepatan penanganan covid-19 dimasukan ke kas daerah.

Menurut Lattuheru denda-denda tersebut termasuk dalam kategori penerimaan daerah. Sebab menurutnya, segala sesuatu yang dilakukan melanggar aturan dendanya akan dikembalikan ke kas daerah untuk membiayai aturan tersebut.

“Tapi sudah tentu kalau sesuai dengan aturan yang berlaku segala sesuatu yang kita lakukan terkait dengan penegakan disiplin protokol kesehatan itu akan dikembalikan juga untuk melaksanakan tugas-tugas di bidang itu. Tapi tetap dia masuk dulu ke kas daerah baru dia keluarkan untuk diperuntukkan bagi pembangunan kesehatan,” tandasnya. (Mg-6)